Tiga Masa Dalam Kehidupan

Pict: laughingsquid


๐—ฅ๐—”๐—ฆ๐—ข ๐—๐—ข ๐—ฃ๐—”๐—ฅ๐—˜๐—ฆ๐—ข: ๐——๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—š๐˜‚๐—ฟ๐—ถ๐—ป๐—ฑ๐—ฎ๐—บ ๐—ง๐—ถ๐—ด๐—ผ ๐—ญ๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ป ( ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐˜‚๐—ฎ๐—ต ๐—ฟ๐—ฒ๐—ป๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป )

balai lamo | Sebelum masyarakat Minangkabau mengenal dan menganut agama Islam, banyak nagari yang berdiri, kerajaan yang mencari kuasa, makna dari filsafah adatnya adalah:

๐˜ˆ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ฐ ๐˜ข๐˜ญ๐˜ถ๐˜ข.
๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ฐ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ซ๐˜ฐ ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ช๐˜ฏ.
๐˜™๐˜ข๐˜ด๐˜ฐ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฐ ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ช๐˜ข๐˜ฌ – ๐˜—๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ฐ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ธ๐˜ฐ ๐˜ต๐˜ถ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฏ
Kemudian pada awal abad ke 19[1] sesuai dengan perkembangan, maka dibuatlah kesepakatan yang sangat mendasar sekali antara ninik mamak (kaum Adat) dengan alim ulama ( kaum paderi) di bukit Marapalam. Dibukit Marapalam inilah terpatri dimaklumkan:

๐˜ˆ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜š๐˜บ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฌ. ๐˜š๐˜บ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜’๐˜ช๐˜ต๐˜ข๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ
Namun adat tetap bersandarkan:

๐˜™๐˜ข๐˜ด๐˜ฐ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฐ ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ช๐˜ข๐˜ฌ
๐˜—๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ฐ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฐ ๐˜ต๐˜ถ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฏ
๐˜›๐˜ข๐˜ณ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ณ๐˜ข๐˜ด๐˜ฐ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ข
๐˜—๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ฐ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข ๐˜ณ๐˜ข๐˜ด๐˜ฐ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ
– Antah iyo antah indak

Karena intisari dari adat adalah “๐˜™๐˜ข๐˜ด๐˜ฐ ๐˜ซ๐˜ฐ ๐˜—๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ฐ” menuju rasa takut kepada Allah, rasa malu dan sopan terhadap sesama manusia, segan menyegani, tenggang rasa dan saling menghargai diantara sesama anggota masyarakat. Dari rasa malu timbul rasa sopan. Raso[2] inilah sebagai perekat dan mengikat dengan erat ditengah masyarakat dalam kehidupan semenjak fase taratak sampai fase nagari. Demikian juga fase selanjutnya, yaitu fase rantau.[3]
Jika dibawa dalam falsafah ini ke dalam adat Minang, banyak hal tarsirat dan tersurat dikandung didalamnya dalam menyelami kahidupan ini.
Ketika diambil misa jo umpamo, hiduik di ateh dunia nangko, tigo zaman nan di lalui, manolah zaman nan tigo. Partamo zaman katitiran, Kaduo zaman kudo baban, Katigo zaman baruak tuo
๐™†๐™–๐™ฉ๐™ž๐™ ๐™ค ๐™ฏ๐™–๐™ข๐™–๐™ฃ ๐™ ๐™–๐™ฉ๐™ž๐™ฉ๐™ž๐™ง๐™–๐™ฃ :
๐˜ˆ๐˜ธ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ค๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ
๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ด๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ช๐˜ข
๐˜ฃ๐˜ข๐˜ต๐˜ช๐˜ณ๐˜ข๐˜ช ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ซ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ข-๐˜ซ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ข
๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ซ๐˜ถ๐˜ซ๐˜ข๐˜ช ๐˜ฑ๐˜ข๐˜จ๐˜ช ๐˜ซ๐˜ฐ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ
๐˜’๐˜ฐ๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ต๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ
๐˜ฌ๐˜ฐ๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฎ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ถ๐˜ซ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ถ
๐˜ซ๐˜ฐ ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฐ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ฐ๐˜ฌ
๐˜–๐˜ฉ ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ค๐˜ข๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜จ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ
๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฎ
๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ค๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฉ
๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ฐ๐˜ฌ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ช ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฌ.
๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜จ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฉ ๐˜ฌ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช
๐˜ข๐˜ด๐˜ฐ๐˜ฌ ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ข๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ช ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ
๐˜ฌ๐˜ข๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ต๐˜ข๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ช
๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฏ๐˜ข๐˜จ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช
๐˜ต๐˜ถ๐˜จ๐˜ข๐˜ด ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ช
๐˜ช๐˜ด๐˜ถ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ฐ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ซ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฏ๐˜บ๐˜ฐ
๐˜ต๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฉ ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ซ๐˜ฐ ๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ข
๐˜ด๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ข ๐˜ซ๐˜ฐ ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ณ๐˜ข๐˜ต.
๐˜ก๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ต๐˜ช๐˜ต๐˜ช๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ฐ ๐˜ด๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ฆ๐˜ฌ.
๐™†๐™–๐™ฉ๐™ž๐™ ๐™ค ๐™ฏ๐™–๐™ข๐™–๐™ฃ ๐™ ๐™ช๐™™๐™ค ๐™—๐™–๐™—๐™–๐™ฃ :
๐˜š๐˜ข๐˜ถ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ข๐˜บ๐˜ช๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ณ๐˜ช
๐˜ฃ๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฑ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ด๐˜ถ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ
๐˜ฉ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ด๐˜ช๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฉ
๐˜ต๐˜ข๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ด๐˜ช ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ฐ
๐˜ต๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ช ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ฐ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฏ
๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ด๐˜ข๐˜ญ๐˜ฐ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ด๐˜ช
๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฎ ๐˜ข๐˜ช๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ต๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฐ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ
๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ช๐˜ด๐˜ฐ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜จ๐˜ช ๐˜ต๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช.
๐˜‘๐˜ช๐˜ฌ๐˜ฐ๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฃ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ
๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฉ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ข ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ช
๐˜ต๐˜ถ๐˜ฐ ๐˜ข๐˜ญ๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ฐ ๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ถ
๐˜ต๐˜ข๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฌ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ฐ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ฐ
๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ฐ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜จ๐˜ฐ ๐˜ด๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ฆ๐˜ฌ.
๐™†๐™–๐™ฉ๐™ž๐™ ๐™ค ๐™ฏ๐™–๐™ข๐™–๐™ฃ ๐™—๐™–๐™ง๐™ช๐™–๐™  ๐™ฉ๐™ช๐™ค
๐˜›๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ถ ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฌ
๐˜จ๐˜ช๐˜ญ๐˜ฐ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ด๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฐ ๐˜ด๐˜ถ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ
๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ฐ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ช ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ฆ๐˜ฌ
๐˜๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ฐ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ช๐˜ข ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ฆ๐˜ฌ
๐˜ฎ๐˜ข๐˜ญ๐˜ฐ๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ฌ ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฐ๐˜ฌ
๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข
๐˜ข๐˜ด๐˜ข ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ฐ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ด๐˜ช๐˜ค๐˜ถ๐˜ค๐˜ถ๐˜ข
๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฌ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ฐ
๐˜ด๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ต๐˜ช ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ฐ.
Tapi itu… dulu!!!
Kini manjadi buah ratok, jariah tabuang laleh sajo, kalau indak karano Allah dilakukan. Maharok baleh dari alam, iko karajo sio sio. Samantaro wakatu masih ado, sabulun matohari padam, marilah samo kito pikia, apo nan tujuan hiduik sabonanyo!!!

====

Disalin dari: https://balailamo.blogspot.com/2015/05/raso-jo-pareso-dan-gurindam-tigo-zaman.html?fbclid=IwAR1BGA0CJ0yLEs-dUErG7kqmkV-mC1kEMycLS7FG1gL02JjZq9WymUbqhE4

====

Catatan Kaki oleh Admin:

[1] Buya Mas'ud Abidin menyebutkan terjadinya sekitar tahun 1403 M, silahkan baca DISINI sedangkan menurut YN Warman St. Bandaro Kayo menyebutkan abad ke-14, silahkan klik DISINI

[2] Secara bahasa Raso berarti rasa atau perasaan. Dalam masyarakat Minangkabau, yang dimaksudkan dengan 'raso' ialah 'sensitifitas' manusia terhadap manusia lainnya, alam lingkungan, dan dengan hubungannya dengan Khalik.

[3] 'Taratak' merupakan tahap (fase) pertama dalam pembentukan nagari. Dimana kelompok orang yang pertama datang - biasanya datang dari Nagari Pariangan, Pagauyuang, atau nagari tua lainnya - membuka lahan yang masih hutan dan rimba raya. Jumlah penduduk baru sedikit, belum memiliki kelengkapan seperti balai dan masjid. Kemudian tahap berikutnya ialah dusun, koto, dan terakhir nagari. Rantau ialah daerah pesebaran orang Minangkabau


Tidak ada komentar:

Posting Komentar