Asal-Usul Raja dan Rakyat Rokan Ampek Koto - Bagian V
Asal-Usul Raja dan Rakyat Luhak Rokan Ampek Koto merupakan naskah tunggal (codex unicus) koleksi Museum Nasional yang bernomor kode MI.441, berukuran 22 x 18,5 cm dan terdiri atas 19-28 baris setiap halaman. Naskah terdiri dari 85 halaman dan ditulis dengan tinta hitam dengan menggunakan kertas bergaris. Huruf yang dipakai adalah huruf Latin berbahasa Melayu dengan ejaan Melayu Lama. Tulisannya masih baik dan terbaca tetapi kertasnya sudah berwarna cokelat. Naskah ini tercatat dalam Katalogus Koleksi Naskah Melayu Museum Pusat Jakarta, 1972:215, Yaarboek, 1933:247, dan Notulen Maret, 1924.
Naskah ini dibukukan kembali dengan judul Asal-Usul Raja dan Rakyat Rokan dan diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayan pada tahun 1996. Pengalihaksaraannya dilakukan oleh Dra. Putri Minerva Mutiara, sedangkan penyuntingannya oleh Drs. S. Amran Tasai, M.Hum.
Berikut ini ialah isi kitabnya (bagian V).
----------
Bagian II: https://www.facebook.com/.../permalink/1520602568123609/ atau [Bagian.2]
Bagian III: https://www.facebook.com/.../permalink/1524530557730810/ atau [Bagian.3]
Bagian IV: https://www.facebook.com/.../permalink/1551065735077292/ atau [Bagian.4]
Arkian, keesokan harinya, maka Datuk Bendahara dan penghulu-penghulu Negeri Rokan dan si Mentawai pun datanglah ke istana Yang Dipertuan serta merarak kerbau yang akan dipersembahkan itu serta sampai ke istana dipersembahkanlah kerbau dan uang yang dua puluh ringgit itu dan segala perkakas itu kepada raja. Sehabis itu, Yang Dipertuan pun memotong kerbau itu, serta dijamu segala isi negeri. Pada ketika itu dikaruniailah oleh Yang Dipertuan Sakti suatu sungai, cabang sebelah kiri Sungai Sumpur, yaitu sungai yang terbesar di mudik Negeri Rokan, kepada si Mentawai dan kaumnya, akan tempat mereka itu membuat kampung dan berladang. Semenjak itu, sungai itu dinamakan Sungai Mentawai karena sungai itu diminta oleh seorang yang bemama si Mentawai. Dan si Mentawai itu dibagi pangkat orang besar raja bergelar Datuk Raja Mentawai. Sebab itu, ialah yang berkuasa selaras Sungai Mentawai. Tetapi, pangkatnya itu di bawah Datuk Andiko yang berempat juga.
Syahdan, setelah selesai daripada perjamuan mengangkat Datuk Raja Mentawai yang dimintanya itu maka Datuk Raja Mentawai pun kembalilah. Sesampai Datuk Raja Mentawai di Sungai Mentawai, ia pun memperbuat kampung pada suatu tempat dekat air bersimpang dua hampir sama besarnya. Sebab itu, dinamakanlah kampung itu Kampung Simpang. Di kampung itulah Datuk Raja Mentawai diam sehingga sampai sekarang ini.
Kemudian, Kampung Simpang itu bertambah-tambah juga ramainya. Oleh sebab itu, Datuk Raja Mentawai memperbuat anak kampung pula yaitu
- Kampung Sungai Niur
- Kampung Tanjung Belit
- Kampung Kubu Diano
Maka tiap-tiap kampung yang tersebut diperbuat oleh Datuk Raja Mentawai kepala kampung. Maka Kepala Kampung Sungai Niur bergelar Bendahara Sati, dan Kepala Kampung Tanjung Belit bergelar Datuk Maharaja, dan Kepala Kampung Kubu Diano bergelar Melintang Kampar. Tetapi, ketiga kampung yang tersebut di atas ini telah ditinggalkan orang dan telah berpindah ke Kampar Kanan. Sekarang masih ada lagi pihak orang itu di Muara Takus. Adapun Datuk Mentawai tetap juga di Kampung Simpang. Kemudian, daripada itu tiada berapa lamanya; Datuk Raja Mentawai yang bemama si Mentawai pun mati. Dan digantikan oleh kemenakannya nama Somad. Lama kelamaan Datuk Raja Mentawai yang bernama Somad pun mati pula. Maka digantikan oleh kemenakannya nama Laidin. Maka inilah Datuk Raja Mentawai yang ketiga di Kampung Simpang.
Lembing Sikilang Manis & Datuk Rum Kepala di Cipang Kiri
Adapun Datuk Raja Mentawai ini ada menyimpan satu batang lembing yang bernama Sikilang Manis, yaitu pusaka dari mamaknya yang mula-mula masuk Luhak Rokan. Pada ketika ahli waris Datuk Raja Mentawai itu banyak yang mati, berkata kebanyakan orang pada itu, mengatakan bahasa lembing itu kurang baik ukurannya. Sebab itu, berpikirlah Datuk Raja Mentawai dalam hatinya, "Adapun lembing ini pusaka daripadaku. Sekarang orang banyak bilang bahasa lembing ini kurang baik ukurannya. Kalau begitu baiklah lembing ini aku persembahkan kepada Yang Dipertuan di Rokan."
Sehabis itu Datuk Raja Mentawai pun berjalanlah ke Rokan menghadap Yang Dipertuan. Pada ketika sampai, Datuk Raja Mentawai pun mempersembahkan lembing yang bemama Sikilang Manis itu kepada Yang Dipertuan, serta tiga kelamin orang dari kampungnya. Maka Yang Dipertuan Sakti pun menerimalah dengan segala suka hati. Oleh sebab itulah, Datuk Raja Mentawai ditukar gelarnya dengan Datuk Rum kepala di Cipang Kiri. Dari situ sampai sekarang, tetaplah pangkatnya bergelar Datuk Rum di Kampung Simpang dan kepala bagi segala kampung-kampung di Cipang Kiri. Demikianlah asal mula-mula Datuk Rum akan meminta soko dan tanah ulayat dalam bahagian Cipang Kiri. Dalam Datuk Raja Mentawai yang pertama banyak lagi kampung-kampung yang ditambahnya di Cipang Kiri, serta diberinya tanah ulayat dalam bahagiannya. Dan, diberinya pula soko dan pangkat buat kepala kampung pada raja. Maka adalah orang itu mengisi adat menuangi lembaga juga kepada raja, seperti adat orang mendirikan orang besar dan kepala-kepala. Keterangannya satu per satu adalah seperti tersebut di bawah ini.
Datuk Raja Gunung
Maka tersebutlah asal permulaannya Datuk Raja Gunung Kampung Tengah sekarang, waktu akan memperbuat kampung dan akan mendirikan soko yang bergelar Datuk Raja Gunung sekarang.
Adapun dahulunya pihak Datuk Raja Gunung itu satu karena orang datang dari Muara Tais. Ketuanya bergelar Datuk Baginda Sati. Sesampai mereka itu ke Cipang Kiri, ia pun pergi menghadap Datuk Raja Mentawai, serta membilangkan maksudnya hendak minta tanah tempat memperbuat kampung dan berladang. Tempatnya ialah sebelah hulu Kampung Simpang. Maka pada ketika itu Datuk Raja Mentawai menerima segala maksudnya itu, serta suka memberi tanah akan tempat mereka itu berladang dan berkampung.
"Tetapi, kalau mau jadi kepala kampung, hendaklah isi adat dan tuangi lembaga kepada raja, yaitu kambing satu ekor dan emas dua puluh riyal dan beras secukupnya. Supaya boleh aku minta soko dan pangkat kepada raja kita di Rokan. Dan Datuk pun tentu dapat pangkat dari raja pula."
Maka pada ketika itu Datuk Baginda Sati pun mencahari dan mengadakan segala alat yang akan dipersembahkan kepada raja itu. Apabila telah siap segala alat yang akan dipersembahkan Datuk Baginda Sati itu, Datuk Raja Mentawai pun menghadap Yang Dipertuan Sakti di Rokan, bersama dengan Datuk Baginda Sati yang tersebut, serta mempersembahkan, bahasa Datuk Baginda Sati hendak minta tanah pula dalam bahagian tanah yang diminta oleh Datuk Mentawai yang tersebut di atas, serta hendak memperbuat kampung dan mendirikan kepala kampung. Sebab itu, dibawa oleh Datuk Raja Mentawai kepada raja menerangkan tanah yang telah diberikannya serta minta soko kepada raja. Maka pada ketika itu, Datuk Raja Mentawai berikan tanah pada Datuk Baginda Sati, yaitu dari bukit Lumut ke mudiknya sehingga Gunung Tajadi. Ke kanan mudik Mentawai sehingga Bukit Tungkus Nasi. Dan, Datuk Baginda diberi pangkat oleh raja, bergelar Datuk Raja Gunung. Itu tanah dipegang oleh Datuk Raja Gunung yang telah diangkat, serta turun-temurun kepada kemenakannya di belakang hari sehingga sampai sekarang ini. Tetapi, besarnya ialah di bawah Datuk Raja Mentawai juga. Sehabis selesai segala hal itu, maka Datuk Raja Gunung pun kembalilah pada kampungnya. Adapun kampungnya dinamakan Kampung Tengah sebab kampungnya di tengah daripada kampung yang lain-lain.
Demikianlah asal mulanya akan mendirikan Datuk Raja Gunung di Kampung Tengah.
Datuk Sutan Kemalo
Maka diceritakan pula perihal Datuk Sutan Kemalo kepala kampung Sungai Kijang sekarang. Adapun pada zaman tatkala Datuk Raja Gunung minta tanah pada Datuk Raja Mentawai dan pangkalnya telah diberikan bergelar Datuk Raja Gunung, pada waktu itu adalah serta kaum orang tinggal berladang-Iadang sebelah hulu Kampung Tengah yang tersebut. Mereka itu dikepala oleh orang bergelar Datuk Jenal. Asal mereka itu datang ialah dari Koto Benio Tinggi, berladang-Iadang pada tanah yang tersebut.
Maka Datuk Jenal pun datanglah pula menghadap Datuk Raja Mentawai. Maksudnya hendak memperbuat kampung dan mendirikan soko pula seperti Datuk Raja Gunung yang tersebut di atas. Maka Datuk Raja Mentawai pun menerima suka serta menyuruh mencahari segala alat adat pusaka yang akan dipersembahkan kepada raja buat meminta soko itu. Sudah itu Datuk Jenal pun mencahari alat perkakas yang akan dipersembahkan kepada raja, yaitu satu ekor kambing dan emas dua puluh riyal dan beras secukupnya. Kemudian, setelah cukup segala alat-alat yang tersebut, Datuk Raja Mentawai pun membawa Datuk Jenal menghadap Yang Dipertuan Sakti di Rokan, serta mempersembahkan maksud Datuk Jenal itu kepada raja. Maka pada ketika itu Yang Dipertuan pun mengabulkan segala permintaan Datuk Jenal yang dipersembahkan Datuk Raja Mentawai itu. Maka persembahan Datuk Jenal dan Datuk Mentawai itu diterima oleh raja dan Datuk Jenal pun diangkat oleh raja bergelar Datuk Sutan Kemalo. Dan kampungnya dinamakan Kampung Sungai Kijang, serta diberi pula oleh Datuk Raja Mentawai sebahagian tanah yang berhampiran dengan Datuk Raja Gunung itu. Tanah itu akan jadi ulayat dan genggaman oleh Datuk Sutan Kemalo sehingga sampai sekarang ini. Demikianlah asal permulaannya Datuk Sutan Kemalo waktu akan mendirikan sokonya dahulu. Dan, ia ikut di bawah Datuk Raja Mentawai yang tersebut di atas.
Kampung Sungai Kijang
Adapun pada waktu Datuk Jenal dengan kaumnya menebas tempat kampungnya itu, maka bertemulah ia dengan satu sungai kecil yang selalu kijang lalu di sana kelihatan juga oleh orang. Sebab itu, dinamakan orang kampung itu kampung Sungai Kijang.
Arkian, tiada berapa lamanya Datuk Sutan Kemalo tinggal di kampung Sungai Kijang, datanglah pula satu kaum orang kira-kira delapan kelamin - asalnya dari Lengung Rau kepalanya bergelar Datuk Besar - hendak mencahari tanah tempat berladang. Mereka itu pun datang mendapatkan Datuk Sutan Kemalo yang memegang kuasa tanah yang dimaksudnya itu. Juga dibilangnya pada Datuk Sutan Kemalo bahasa ia hendak meminta tanah perladangan di situ. Datuk Sutan Kemalo pun mengabulkan permintaan orang itu, asal ia mau mengisi adat menuangi lembaga, yaitu satu ekor kambing dan emas dua puluh riyal. Jadi, Datuk Besar pun sukalah menerima hal yang demikian itu. Tetapi, ia hendak kembali dahulu ke Lengung menjemput kaumnya. Maka Datuk Besar pun kembalilah ke Lengung menjemput kaumnya. Terbawa olehnya orang laki-Iaki dan perempuan, serta membawa segala alat pengisi adat menuangi lembaga yang disuruh carikan oleh Datuk Sutan Kemalo itu. Kemudian setiba mereka itu pada tempat Datuk Sutan Kemalo, dengan membawa kambing dan emas itu dengan beras secukupnya. Pada ketika itu Datuk Sutan Kemalo jamukan kambing dan beras itu dalam kampung Sungai Kijang serta menetapkan gelar Datuk Besar jadi kepala kampung dan orang yang di bawahnya. Dan, diberi tanah tempat memperbuat kampung dan ladang, yaitu di bawah Gadu Bukit Tidung Kombang. Sehabis itu Datuk Besar pun kembalilah pada tanah yang dimintanya itu. Serta pula ia memperbuat kampung yang dinamakan orang kampung Pintu Kolari. Kemudian daripada itu, Datuk Sutan Kemalo pun pergi kepada Datuk Raja Mentawai mengkhabarkan segala hal ihwal Datuk Besar, yang telah diberinya tanah dan pangkat seperti yang tersebut di alas. Maka Datuk Raja Mentawai pun menerima suka. Maka oleh sebab itu kepala kampung itu sampai sekarang tiada diangkat oleh raja, hanyalah angkatan Datuk Sutan Kemalo Sungai Kijang sahaja. Apabila telah diangkatnya baharulah dipersembahkan kepada raja, yaitu Yang Dipertuan Sakti di Rokan. Demikianlah asal kepala kampung Pintu Kolari.
Sutan Dubalang gelar Datuk Bendahara Kuning
Maka tersebutlah pula peri hal Datuk Bendahara Kuning kepala Kampung Lubuk Ulat sekarang. Adapun pihak Bendahara Kuning itu dahulunya adalah seorang bergelar Sutan Dubalang, bersaudara dengun Datuk Jenal yang diangkat bergelar Datuk Sutan Kumalo yang tersebut di atas. Maka adalah kerja Sutan Dubalang setiap hari berburu pelanduk. Pada suatu hari berburu ia kepada sebelah sebuah bukit yang bernama Bukit Timbun Batu. Dalam perburuan itu melihatlah ia akan tanah sebelah bukit itu ada bagus dan datar akan tempat berladang dan membuat kampung. Pada ketika itu, sangatlah suka hati Sutan Dubalang melihat tanah itu. Sebentar itu lalu ditebas oleh Sutan Dubalang. Sesampai itu ia pun kembalilah ke kampung Sungai Kijang. Sesampai ia di Sungai Kijang, dikhabarkannyalah halnya itu kepada saudaranya yang bergelar Sutan Kemalo, bahasa ia telah menebas, maksudnya hendak dibuatnya ladang. Berkatalah Datuk Sutan Kemalo, "Baiklah. Boleh Sutan Dubalang aku beri kawan enam kelamin."
Kemudian daripada itu Sutan Dubalang pun pergilah berladang-Iadang pada tanah itu. Kira-kira dua tahun lamanya Sutan Dubalang berladang di situ, dapat khabarlah Raja Mentawai, bahasa Sutan Dubalang telah berladang di tempat itu. Pada ketika itu. Datuk Raja Mentawai menyuruh orang buat memanggil itu Sutan Dubalang ke kampung Simpang. Sampai dua kali Sutan Dubalang dipanggil oleh Datuk Mentawai, tiada juga ia datang melainkan ia minta tempo habis dipotong padinya karena padinya hampir masak. Kemudian, habis Sutan Dubalang memotong padinya ia pun datanglah ke kampung Simpang menghadap Datuk Raja Mentawai karena mendapatkan panggilan yang dahulu. Maka setelah bertemu Datuk Raja Mentawai dengan Sutan Dubalang, diperiksalah oleh Datuk Raja Mentawai pada Sutan Dubalang, "Dari siapakah Sutan Dubalang dapat izin berladang pada tanah Bukit Timbun Batu, karena sekali-kali Sutan Dubalang tiada minta izin padaku?"
Maka jawab Sutan Dubalang, "Sekali-kali aku belum dapat izin dari siapa-siapa juga, hanyalah kehendak hatiku sahaja. Tetapi, aku memang telah tahu bahasa itu tanah Datuk Raja Mentawai yang punya kuasa. Sebab itulah, aku memang sengaja karena Datuk Raja Mentawai itu kepala bagi kami selaras Sungai Mentawai ini. Maka sekarang bagaimana kesalahan kata Datuk Raja Mentawai, aku terima, sebab sudah tersalah dalam hal ini. Dan telah terlangsung pula aku berladang di situ telah dua tahun lamanya."
Maka kata Datuk Raja Mentawai, "Kalau Sutan Dubalang mau berbuat habis berkata sudah, boleh aku letakkan, yaitu Sutan Dubalang berhutang kerbau satu ekor, beras seratus, dan uang dua puluh ringgit. Demikianlah adat orang salah satu fasal hutan tanah."
Maka jawab Sutan Dubalang, "Hal itu boleh aku carikan. Tetapi, tanah itu aku minta terserah kepadaku. ltu pulalah yang aku minta pada Datuk. Dan, aku minta lagi supaya Datuk bawa aku menghadap Yang Dipertuan Sakti di Rokan, supaya aku diberinya pangkat dan supaya boleh kita sama berbapa kepada raja dan beribu kepada putri dalam istana."
Jawab Datuk Raja Mentawai, "Kalau begitu kehendak Sutan Dubalang, baiklah. Tetapi, kerbau yang satu ekor, carilah bersama emas dua puluh dan beras secukupnya, supaya boleh kita menghadap ke Rokan."
Arkian, setelah siap segala alat yang tersebut itu oleh Sutan Dubalang, maka ia pun mendapatkan Datuk Raja Mentawai. Pada ketika itu Datuk Raja Mentawai pun hilirlah membawa Sutan Dubalang, menghadap Yang Dipertuan Sakti di Rokan. Kemudian, setelah sampai mereka itu menghadap Yang Dipertuan, maka Datuk Raja Mentawai pun menyembahkan segala maksud Sutan Dubalang itu kepada Yang Dipertuan. Maka Yang Dipertuan pun menerima sukalah karena pada katanya, "Baiklah, karena bertambah-tambah orang besarku."
Sehabis itu orang pun berjamulah di istana raja, yaitu menjamukan kerbau Sutan Dubalang itu. Maka pada ketika itu diberilah Sutan Dubalang pangkat oleh Yang Dipertuan Sakti di Rokan bergelar Bendahara Kuning, serta pula diizinkan memperbuat kampung pada banjar yang tersebut di atas ini. Dan, diberi pula oleh Datuk Raja Mentawai tanah pada Datuk Bendahara Kuning, yaitu selaras air sebelah kiri mudik Sungai Mentawai yang dinamakan orang Sungai Teluk. Sebab pada waktu itu, Sutan Dubalang selalu harap, kemudian dapat oleh Sutan Dubalang, sebab diberi oleh Datuk Raja Mentawai. Sehabis telah diangkat Sutan Dubalang bergelar Datuk Bendahara Kuning, maka sekalian mereka bergelar Datuk Bendahara Kuning, maka sekalian mereka itu pun kembalilah pada tempatnya masing-masing. Maka Sutan Dubalang pun memperbuat kampung pada tanah yang ia telah minta itu. Maka adalah kampung itu dekat pada suatu bencah, yaitu tempat kubangan ulat (ular). Sebab itu, dinamakan oranglah kampung itu Kampung Lubuk Ulat sampai sekarang. Pangkatnya dilebihkan aturan duduknya dari Datuk Raja Gunung dan Datuk Kemalo, sebab waktu mengangkat mereka itu hanyalah mempersembahkan satu ekor kambing dan emas dua puluh riyal. Tetapi, Datuk Bendahara Kuning, ialah satu ekor kerbau dan emas dua puluh ringgit. Sebab pun digelarkan Datuk Bendahara Kuning, ialah waktu raja menyalinnya dipersalinnya satu potong kain kuning.
Demikianlah adanya.
----------
Disalin dari kiriman FB: Ammar Syarif