Foto: http://visualheritageblognasbahry.blogspot.co.id |
Assalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
Untuak nan alun panah
mandanga/mambaco/mangatahui, tarutamo nan mudo-mudo, ambo sampaikan di bawah ko
tambo Kurai Limo Jorong Bukittinggi, tamasuak sistem pamarintahan manuruik
adaik Kurai Limo Jorong "saisuak".
Nan namono tambo memang indak bisa
dibuktikan, tapi mudah-mudahan ado gunono, tarutamo untuak Pemda/DPRD TK.II
Bukittinggi tantangan susunan pamarintahan nagari, sabagai bahan partimbangan
untuak baliak ka pamarintahan nagari manuruik sistem adaik Kurai Limo
Jorong.
Tulisan ko ambo susun basumber dari
buku/ketikan nan panah ambo dapek dari kakak/mamak/urang tuo-tuo
di kampuang. Jadi kalau ado nan takurang-talabiah, ambo manyusun jari nan
sapuluah, sabaleh jo kapalo, maminta maaf talabiah dahulu ka inyiak/nenek,
mamak/etek, uda/uni nan labiah manguasoi/tahu tantangan Kurai Limo Jorong ko.
Ka nan mudo-mudo ambo manyarankan
supayo tulisanko di-copy, di-edit rancak-rancak, di-print lalu disimpan
elok-elok untuk anak-cucu nanti. Disimpan untuak ka dibaco-baco di kalangan
sandiri sajo, jan sampai di"pajua-balian", sabab ambo indak tau sia
nan punyo "copy-right"no.
Wassalam,
St. Batuah (57 th).
St. Batuah (57 th).
_____________________________________
Assalaamu'alaikum Warahmatullaahi
Wabarakaatuh.
Untuk yang belum pernah mendengar/ membaca/ mengetahui,
terutama yang muda-muda, saya sampaikan di bawah ini Tambo Kurai Limo Jorong
Bukittinggi, termasuk sistem pemerintahan menurut adat Kurai Limo Jorong “dahulu”.
Yang namanya tambo memang tidak dapat dibuktikan, tapi
mudah-mudahan ada gunanya, terutama untuk Pemda/ DPRD TK.II Bukittinggi tentang
susunan pemerintahan nagari, sebagai bahan pertimbangan untuk kembali ke
Pemerintahan Nagari menurut sistem Adat Kurai Limo Jorong.
Tulisan ini saya susun bersumber dari buku/ketikan
yang pernah saya dapat dari kakak/ mamak./ orang tua-tua di kampung. Jadi kalau
ada yang terkurang-tertambah saya
menyusun jari yang sepuluh, sebelas dengan kepala, meminta maaf terlebih dahulu
kepada inyiak/ nenek, mamak/etek, uda/uni yang lebih menguasai/ tahu perihal
Kurai Limo Jorong.
Kepada yang muda-muda saya menyarankan supaya tulisan
ini di-copy, di-edit bagus-bagus, di-print lalu disimpan baik-baik untuk
anak-cucu nanti. Disimpan untuk dibaca-baca oleh kalangan sendiri saja. Jangan
sampai diperjual-belikan, sebab saya tidak tahu siapa yang memiliki copy-right
(peny.hak cipta) nya.
Wassalam
St. Batuah (57th)
_______________________________
Tambo (sejarah) Kurai Lima Jorong -
Bukittinggi
Berdasarkan penuturan Dt. Saribasa yang
bersumber pula dari Dt. Mangulak Basa dan kemudian ditulis oleh Dt. Rangkayo
Tuo, disebutkan bahwa yang mula-mula datang untuk bermukim di Kurai Limo Jorong
adalah dua rombongan yang datang dari Pariangan Padang Panjang. Kedua rombongan
itu yang berjumlah kurang aso[1] saratuih (100) orang, mula-mula menuju Tanjung
Alam dalam Nagari Sungai Tarap, sesudah itu terus menuju ke suatu tempat yang
bernama Padang Kurai. Disini rombongan itu kemudian terbagi dua, yaitu
Rombongan Pertama menuju ke Tanjung Lasi dan Rombongan Kedua menuju ke Biaro
Gadang.
Rombongan pertama, yang dikepalai
oleh Bandaharo nan Bangkah, dari Tanjung Lasi terus ke Kubang Putih, kemudian
terus ke hilir, berhenti di suatu tempat yang dinamai Gurun Lawik (daerah Kubu
Tinggi sekarang dalam Jorong Tigo Baleh). Selanjutnya perjalanan diteruskan
melalui Babeloan, berbelok ke Puhun (Barat) dan sampailah di suatu tempat yang
kemudian diputuskan untuk bermukim di situ. Tempat itu oleh Bandaharo nan
Bangkah dinamai Koto Jolong (Pakan Labuah sekarang, dalam Jorong Tigo Baleh).
Rombongan yang datang dari arah Mudik (Selatan) ini adalah rombongan yang
pertama yang sampai di Kurai Limo Jorong.
Rombongan kedua dipimpin oleh Rajo
Bagombak gelar Yang Pituan Bagonjong. Ibunda Yang Pituan Bagonjong bernama Puti
Ganggo Hati dan adiknya bernama Puti Gumala Ratna Dewi juga ikut dalam
rombongan. Dari Biaro Gadang, yaitu dari arah Ujung (Timur), rombongan ini
kemudian menuju ke suatu tempat yang dinamai Pautan Kudo (daerah persawahan di
Parit Putus sekarang ini dan menjadi pusaka turun temurun Yang Dipituan
Bagonjong), yaitu tempat dimana Yang Pituan Bagonjong menambatkan kudanya untuk
beristirahat terlebih dahulu. Kemudian perjalanan diteruskan menuju ke suatu
tempat yang dinamai Koto Katiak dan akhirnya sampai juga di Koto Jolong.
Setelah kedua rombongan berkumpul kembali
maka terasa tempat permukiman tidak mencukupi untuk semua anggota rombongan,
sehingga perlu diadakan musyawarah untuk bermufakat tentang pengembangannya.
Dicapailah kata mufakat untuk membuat sebuah perkampungan lagi di sebelah Hilir
(Utara) yang kemudian diberi nama Gobah Balai Banyak (Balai Banyak sekarang,
dalam Jorong Tigo Baleh). Perkampungan ini dibatasi parit di sebelah Ujung
(Timur) yang dinamai Parit Tarantang (Parik Antang sekarang, dalam Jorong Tigo
Baleh) dan parit di sebelah Puhun (Barat) yang dinamai Parit Tuo (Tambuo
sekarang).
Setelah beberapa lama kemudian diadakan
lagi mufakat untuk memilih dan mengangkat beberapa orang menjadi Tuo-tuo yang
akan mengurus kedua rombongan itu sehari-harinya. Hasil mufakat menetapkan
sejumlah 13 orang yang disebut Pangka Tuo, yaitu 6 orang untuk ditempatkan di
Hilir (Utara) dan 7 orang untuk ditempat-kan di sebelah Mudik (Selatan) dan
masing-masingnya diberi gelar Datuak. Semua Pangka Tuo tersebut adalah saadaik
salimbago (berada dalam satu kelembagaan) yang disebut Panghulu Nan Tigo Baleh.
Dari nama kelembagaan tersebut maka daerah pemukiman itu kemudian diberi nama
Tigo Baleh (Tiga Belas).
Adapun 6 orang Pangka Tuo yang di Hilir
(Urang Nan Anam) adalah:
1. Dt. Gunung Ameh / Dt. Indo Kayo
2. Dt. Mangkudun
3. Dt. Panduko Sati
4. Dt. Sikampuang
5. Dt. Mangulak Basa
6. Dt. Sari Basa
Sedangkan 7 orang Pangka Tuo yang di
Mudiak (Urang Nan Tujuah) adalah:
1. Dt. Rangkayo Basa
2. Dt. Nan Adua
3. Dt. Mantiko Basa / Dt. Kapalo Koto
4. Dt. Asa Dahulu
5. Dt. Maruhun
6. Dt. Pado Batuah
7. Dt. Dunia Basa
Sebutan Urang Nan Anam dan Urang Nan
Tujuah sampai sekarang masih tetap dipakai untuk menunjukan keutamaan gelar
kepenghuluan yang bersangkutan sebagai gelar pusaka yang diwarisi dari Tuo-tuo
yang mula-mula datang bermukim di Kurai Limo Jorong, terutama dalam mengatur
posisi duduk dalam pertemuan adat (Lihat "Acara Adat Mendirikan
Penghulu").
Sesuai ketentuan di ranah Minang
pada umumnya, perkawinan hanya diperbolehkan antar suku, sedangkan kesukuan
ditentukan berdasarkan garis keturunan ibu. Jumlah suku seluruhnya ada 9 suku
yaitu:
1. Suku Guci
2. Suku Pisang
3. Suku Sikumbang
4. Suku Jambak
5. Suku Tanjuang
6. Suku Salayan
7. Suku Simabua
8. Suku Koto
9. Suku Malayu
Dari hasil perkawinan antar suku
tersebut, para pemukim di Tigo Baleh mempunyai keturunan yang makin lama makin
banyak. Pemukiman yang semula hanya di dua tempat, yaitu Pakan Labuah dan Balai
Banyak, meluas mulai dari daerah Parak Congkak, Ikua Labuah sampai ke Kapalo
Koto. Akhirnya dalam Kerapatan Adat yang diadakan di Parak Congkak diputuskan
untuk memindahkan sebagian pemukim menyeberangi parit Tambuo ke sebelah Puhun
(Barat), untuk membuka tempat-tempat pemukiman baru.
Sistem
Pemerintahan Menurut Adat Kurai Limo Jorong
Seluruh daerah pemukiman, termasuk Tigo
Baleh, kemudian diberi nama Kurai dan dibagi menjadi 5 bagian, masing-masing
disebut Jorong atau Nagari (sehingga disebut juga Kurai Limo Jorong). Kelima
jorong tersebut masing-masing kemudian diberi nama:
1. Jorong Mandiangin
2. Jorong Guguk Panjang
3. Jorong Koto Salayan
4. Jorong Tigo Baleh
5. Jorong Aur Birugo
Dalam Kerapatan Adat tersebut juga
diputuskan bahwa tatkala sebagian dari Panghulu nan Tigo Baleh akan
meninggalkan Tigo Baleh maka kelembagaan tersebut terbagi menjadi 2 bagian
yaitu Panghulu nan Tigo Baleh di Dalam dan Panghulu
nan Tigo Baleh di Lua.
Panghulu
Nan Tigo Baleh di Dalam adalah sebagian aggota Panghulu nan Tigo
Baleh yang tetap tinggal di Tigo Baleh ditambah dengan beberapa orang Tuo-tuo
sebagai penghulu yang baru, semuanya berjumlah 14 orang. Sedangkan Panghulu Tigo Baleh di Lua adalah
sebagian anggota Panghulu nan Tigo Baleh yang meninggalkan Tigo Baleh, ditambah
dengan beberapa orang Tuo-tuo sebagai penghulu yang baru, yang ikut pindah ke
jorong-jorong yang lainnya, semuanya berjumlah 12 orang.
Selanjutnya dalam setiap Jorong
diangkat masing-masing 4 orang Pangka Tuo Nagari yang secara
kelembagaannya seluruhnya disebut Panghulu nan Duopuluah sebagai
berikut:
1.
Jorong
Mandiangin
- Dt. Malako Basa suku Pisang
- Dt. Dadok Putiah suku Pisang
- Dt. Majo Labiah suku Sikumbang
- Dt. Barbangso suku Tanjuang
2. Jorong Koto Salayan
- Dt. Nan Basa suku Pisang
- Dt. Kampuang Dalam suku Koto
- Dt. Kuniang suku Guci
- Dt. Nan Gamuak suku
Salayan
3. Jorong Guguak Panjang
- Dt. Nagari Labiah suku Jambak
- Dt. Pangulu Basa suku Jambak
- Dt. Majo Sati suku
Tanjuang
- Dt. Subaliak Langik suku Guci
4. Jorong Aur Birugo
- Dt. Majo Nan Sati suku Guci
- Dt. Sunguik Ameh suku Pisang
- Dt. Tan Ameh suku Jambak
- Dt. Malayau Basa suku Simabua
5. Jorong Tigo Baleh
- Dt. Mangkudun suku Guci
- Dt. Indo Kayo Labiah suku
Pisang
- Dt. Rangkayo Basa suku
Sikumbang
- Dt. Nan Adua suku Koto
Selang beberapa lama kemudian terbentuklah
secara mufakat Penghulu nan Duo Puluah Anam, yaitu suatu lembaga yang
akan menjalankan adat di Kurai Limo Jorong. Lembaga ini terdiri dari 26 orang
penghulu, yaitu:
·
"Penghulu
nan Balimo" atau sekarang disebut Pucuak Nan Balimo
·
"Manti
nan Sambilan" atau sekarang disebut Panghulu nan Sambilan
·
"Dubalang
nan Duo Baleh" atau sekarang disebut Panghulu nan Duo Baleh
Disamping itu ada lagi yang disebut
"Pangka Tuo Nan Saratuih", yaitu Niniak Mamak yang di masing-masing
jorong berfungsi sebagai Pangka Tuo Kubu, Pangka Tuo Hindu, Pangka
Tuo Kampuang dan Pangka Tuo Banda.
Pangka Tuo Kubu dan Pangka Tuo Hindu berkuasa di tempatnya (kubu)
masing-masing. Pangka Tuo Kubu yang tertinggi adalah Dt. Samiak dan Dt. Balai.
Pangka Tuo Kampuang berkuasa di kampung masing-masing,
bekerja sama dengan Pangka Tuo Kubu dan Pangka Tuo Hindu. Dt. Panduko Sati
(Tanjuang) adalah Pangka Tuo Kampuang yang tertinggi di Kurai.
Pangka Tuo Banda adalah terutama berfungsi di daerah persawahan,
yaitu diangkat untuk mengatur secara teknis pembagian air ke sawah-sawah.
Pangka Tuo Nagari yang berkuasa penuh di Jorong (nagari)
masing-masing dibantu serta bekerjasama dengan Pangka Tuo Kampuang, Pangka Tuo
Kubu dan Pangka Tuo Hindu. Dalam kerjasama tersebut dipimpin oleh Penghulu
Pucuak yang ada dalam Jorong yang bersangkutan.
Dengan demikian maka tingkatan
kepenghuluan di Kurai Limo Jorong adalah sebagi berikut:
1. Penghulu Pucuak Nan Balimo
2. Penghulu Pucuak nan Sambilan
3. Penghulu Pucuak nan Duo Baleh
4. Empat penghulu yang dianggap termasuk Nan
Duo Baleh atau Nan Duo Puluah Anam.
5. Ninik Mamak Pangka Tuo Nagari
6. Ninik Mamak Pangka Tuo Kampuang
7. Ninik Mamak Pangka Tuo Kubu
8. Ninik Mamak Pangka Tuo Hindu
Pangka Tuo Banda tidak termasuk dalam
tingkatan kepenghuluan karena penghulu ini hanya mempunyai tugas dan kewajiban
khusus menyangkut teknis pengairan dan tidak mempunyai wewenang dan tanggung
jawab dari segi adat.
Semuanya itu disebut Niniak Mamak
nan Balingka Aua yang dengan Panghulu nan Duo Puluah Anam
merupakan Pucuak Bulek Urek Tunggang dalam Lembaga Kerapatan
Adat Kurai Limo Jorong.
Semua penghulu disebut "nan gadang
basa batuah". Yang meng"gadang"kan adalah bako dan anak pusako,
yang mem"basa"kan adalah nagari dan yang me"nuah"kan adalah
anak kamanakan.
Pucuak Nan Balimo
Pucuak nan Balimo adalah pimpinan
adat tertinggi di Kurai Limo Jorong yang aggotanya terdiri dari:
- Dt. Bandaharo suku Guci
- Dt. Yang Pituan suku
Pisang
- Dt. Sati suku
Sikumbang
- Dt. Rajo Mantari suku
Jambak
- Dt. Rajo Endah suku
Tanjuang
Pucuak Bulek nan Balimo diketuai oleh Dt.
Bandaharo. Setiap keputusan yang telah dimufakati oleh Penghulu Pucuak nan
Sembilan serta Penghulu Pucuak nan Duo Baleh mula-mula dihantarkan kepada Dt.
Rajo Endah, kemudian diteruskan kepada Dt. Rajo Mantari, selanjutnya kepada Dt.
Sati dan kemudian kepada Dt. Yang Pituan sebelum akhirnya kepada Dt. Bandaharo
untuk diputuskan secara bulat, sarupo pisang gadang, dibukak kulik tampak isi,
lalu dimakan habih-habih.
Dt. Bandaharo disebut pusek jalo pumpunan
ikan, mamacik kato nan bulek. Juga dikenal sebagai nan basawah gadang.
Dt. Yang Pituan, dikenal sebagai nan
batabuah larangan karena tugasnya untuk mengumpulkan / memanggil seluruh
ninik-mamak / penghulu Kurai Limo Jorong untuk hadir dalam suatu acara adat,
dibantu oleh Dt. Panghulu Sati dan Dt. Panghulu Basa.
Dt. Sati, dikenal sebagai nan bapadang puhun
atau bapadi sakapuak hampo, baameh sapuro lancuang dan tetap di Campago,
Mandiangin, sehingga disebut juga gadang sabingkah tanah di Mandiangin.
Dt. Rajo Mantari, dikenal sebagai nan
baguguak panjang dan dikatakan gadang sabingkah tanah di Guguak Panjang.
Dt. Rajo Endah, dikenal sebagai nan
babonjo baru (di daerah Tarok).
Panghulu Pucuak Nan Sambilan
Panghulu Pucuak nan Sambilan berfungsi
untuk membulatkan keputusan hasil mufakat Panghulu nan Duo Baleh, bulek sarupo
Inti, sebelum dihantarkan kepada Pucuak Bulek nan Balimo. Yang termasuk
Panghulu nan Sambilan adalah:
- Dt. Pangulu
Sati suku Tanjuang
- Dt. Maharajo suku Guci
- Dt. Batuah suku Sikumbang
- Dt. Kayo suku Jambak
- Dt. Sinaro suku Simabua
- Dt. Putiah suku Pisang
- Dt. Nan Baranam suku Salayan
- Dt. Bagindo Basa suku Koto
- Dt. Rajo Mulia suku Pisang
- Dt. Maharajo suku Guci
- Dt. Batuah suku Sikumbang
- Dt. Kayo suku Jambak
- Dt. Sinaro suku Simabua
- Dt. Putiah suku Pisang
- Dt. Nan Baranam suku Salayan
- Dt. Bagindo Basa suku Koto
- Dt. Rajo Mulia suku Pisang
Dt. Pangulu Sati adalah pimpinan adat
Panghulu nan Sambilan.
Dt. Maharajo menguatkan pimpinan adat,
memimpin penyelesaian masalah-masalah adat dibantu oleh Dt. Batuah dan Dt.
Kayo.
Dt. Panghulu Sati, Dt. Maharajo, Dt.
Batuah dan Dt. Kayo disebut manti atau Basa Ampek Balai, yang berfungsi untuk
mengambil keputusan menurut adat.
Dt. Sinaro bersama-sama Dt. Putiah
mengambil keputusan menurut adat, salangkah indak lalu, satapak indak suruik,
maampang tuhua mamakok mati dan buliah suruik lalu.
Dt. Nan Baranam dikenal bataratak bakoto
asiang.
Dt. Bagindo Basa dikenal baparik bakoto
dalam.
Dt. Rajo Mulia dikenal sebagai nan bungsu
dari nan sambilan.
Panghulu Pucuak Nan Duobaleh
Panghulu Pucuak nan Duo Baleh berfungsi
untuk merumuskan keputusan hasil mufakat Panghulu nan Sambilan, mamicak-micak
sarupo Pinyaram, sebelum dihantarkan kepada Panghulu Pucuak nan Sambilan. Yang
termasuk Panghulu nan Duo Baleh adalah:
- Dt.
Malaka suku Guci
- Dt. Pangulu Basa suku Sikumbang
- Dt. Simajo Nan Panjang suku Tanjuang
- Dt. Rangkayo Nan Basa suku Jambak
- Dt. Garang suku Koto
- Dt. Bagindo suku Pisang
- Dt. Tan Muhamad suku Salayan
- Dt. Nan Angek suku Pisang
- Dt. Panjang Lidah suku Simabua
- Dt. nan Labiah suku Pisang
- Dt. Palimo Bajau suku Tanjuang
- Dt. Tumbaliak suku Guci
- Dt. Pangulu Basa suku Sikumbang
- Dt. Simajo Nan Panjang suku Tanjuang
- Dt. Rangkayo Nan Basa suku Jambak
- Dt. Garang suku Koto
- Dt. Bagindo suku Pisang
- Dt. Tan Muhamad suku Salayan
- Dt. Nan Angek suku Pisang
- Dt. Panjang Lidah suku Simabua
- Dt. nan Labiah suku Pisang
- Dt. Palimo Bajau suku Tanjuang
- Dt. Tumbaliak suku Guci
Dt. Malaka, Dt. Panghulu Basa, Dt. Rangkayo Basa dan Dt. Simajo nan Panjang juga disebut Basa Ampek Balai.
Dt. Bagindo, dalam acara Mendirikan
Penghulu adalah penghulu yang pertama menerima bagian daging dan tidak seperti
untuk penghulu yang lainnya daging tersebut dicincang terlebih dahulu. Dt.
Bagindo juga berfungsi menyelesaikan perselisihan yang terjadi di antara
penghulu-penghulu di Kurai Limo Jorong. Disamping itu setiap kali mengadakan
pertemuan antara penghulu-penghulu, untuk acara apapun, Dt. Bagindo juga
berfungsi menyediakan makanan/minuman. Untuk itu Dt. Bagindo mempunyai sawah
paduan yaitu sawah yang hasilnya oleh Dt. Bagindo digunakan untuk membiayai
penyelenggaraan setiap pertemuan tersebut. Dt. Bagindo dibantu oleh Dt. Putiah
dan Dt. Rajo Mulia.
Dt. Simarajo Nan Panjang pada masa dahulu
adalah penghulu yang jabatannya menguasai semua kubu-kubu di Kurai Limo Jorong
dan menjagainya.
Dt. Nan Angek dan Dt. Putiah disebut urang
Pisang ampek rumah.
Dt. Panghulu Basa dan Dt. Batuah disebut
bagobah di Balai Banyak.
Dt. Garang dan Dt. Bagindo Basa baparik
Koto Dalam.
Dt. Tan Muhamad disebut babingkah tanah
dan adalah panghulu yang bungsu di antara Panghulu Nan Duo Baleh.
Termasuk juga dalam Panghulu Nan Duo Baleh
adalah Dt. Batuduang Putiah (Pisang), Dt. Nan Laweh (Pisang), Dt. Asa Basa
(Jambak) dan Dt Majo Basa (Jambak). Kalau ada acara meresmikan Pangka Tuo Banda
secara adat, maka ke-empat penghulu ini bekerjasama satu sama lain menjadi
cancang mahandehan, lompek basitumpu. Yang tertinggi atau sebagai pimpinan
dalam kerjasama di antara ke-empat penghulu ini, adalah Dt. Batuduang Putih.
Acara Adat Mendirikan Panghulu
Acara adat mendirikan penghulu adalah
acara adat dalam rangka "mengukuhkan" pemakaian gelar pusaka oleh
seseorang yang sebelumnya telah dicalonkan menjadi seorang Penghulu/Ninik mamak
sehingga untuk selanjutnya penghulu yang bersangkutan berwenang dan
bertanggung-jawab melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam menjalankan adat
sesuai menurut tingkatannya di Kurai Limo Jorong.
Umumnya acara adat mendirikan
penghulu diadakan dalam bentuk sebuah perhelatan di sebuah Rumah Gadang
yang sekurang-kurangnya berukuran tigo ruang. Rumah Gadang yang digunakan
tersebut batirai balangik-langik, batabia bapaka, badulang badalamak, bacerek
bacarano, baaguang batalempong, bamarawa bagaba-gaba, bapayuang-panji
bapaga-jendela.
Setiap rumah gadang terdiri dari tigo
ririk dan tempat duduk para penghulu diatur oleh juaro sesuai menurut kategori
masing-masing penghulu sebagai Panghulu Nan Tigo Baleh, yaitu:
Ririk Satu, yaitu di sebelah biliak (ruang tidur) adalah tempat
duduk yang disediakan untuk Ninik Mamak yang termasuk Panghulu Nan Anam.
Ririk Duo, yaitu sebelah pintu ke kanan adalah tempat duduk
yang disediakan untuk Ninik Mamak yang termasuk Panghulu Nan Tujuah.
Ririk Tigo, yaitu di ruang tengah adalah tempat duduk yang
disediakan untuk Ninik Mamak yang termasuk Panghulu Nan Anam & Nan Tujuah.
Tergantung tingkatan gelar pusaka yang
akan dikukuhkan, acara perhelatan adat Mendirikan Penghulu dibedakan atas:
Mendirikan Panghulu Pucuak Nan Balimo dan
atau Panghulu Pucuak Nan Sambilan
Acara ini diselenggarakan dengan memotong
satu ekor kerbau dan satu ekor sapi. Daging kerbau untuk dibagi-bagikan kepada
seluruh Ninik Mamak di Kurai Limo Jorong, sedangkan daging sapi untuk dimasak
dan kemudian dimakan habis.
Mendirikan Panghulu Nan Duo Baleh
Acara ini diselenggarakan dengan memotong
satu ekor Sapi untuk dimasak dan kemudian dimakan habis.
Mendirikan Panghulu Urek Tunggang
Acara ini diselenggarakan cukup dengan
menyediakan kepala kerbau untuk dimasak dan kemudian dimakan habis.
Dilihat dari sifat dan latar belakang
diadakannya, acara mendirikan Panghulu dapat dibedakan lagi sebagai berikut:
Patah Tumbuah, Hilang Baganti
Diadakan karena penghulu yang memakai
gelar pusaka yang bersangkutan telah meninggal dunia. Patah tumbuah artinya
dari yang patah itu tumbuh penggantinya, yaitu dari kapalo ka bahu, dari mamak
ka kamanakan artinya calon penggantinya adalah generasi langsung dalam garis
keturunan ibu. Hilang Baganti artinya bila tidak ada lagi generasi yang
berikutnya secara langsung dari garis keturunan ibu atau disebut sudah punah,
maka dicarikan penggantinya yang sagagang atau yang yang basabalahan gagang
dari penghulu yang meninggal. Gelar pusaka yang bersangkutan dipakaikan kepada
calon penggantinya pada waktu memandikan jenazah dan acara Mendirikan Penghulu
dilkasanakan pada waktu "tanah pemakaman masih merah". Acara ini
dilaksanakan menurut adat disebut sasukek hanguih, sarandam basah, artinya
"perhelatan sekali habis".
Hiduik Bakarilahan, Mati Batungkek Budi
Diadakan karena penghulu yang memakai
gelar pusaka yang bersangkutan, oleh karena sesuatu hal perlu diganti atau
dipindahkan gelarnya kepada orang lain. Hiduik bakarilahan artinya penghulu
yang bersangkutan sudah tidak kuasa lagi memikul tugas dan tanggung-jawab menjalankan
adat, bukik nan didaki alah tinggi, lurah nan dituruni alah dalam. Acara
perhelatannya menurut adat balapiak basah badaun cabiak (seperti perhelatan
menyempurnakan penghulu). Yang dimaksud mati batungkek budi adalah dari mamak
ke kemenakan atau ke cucu dan seterusnya dari garis keturunan ibu. Acara
perhelatannya sama dengan acara perhelatan patah tumbuh hilang baganti.
Gadang Balega, Pusako Basalin
Yang dikatakan gadang balega yaitu kalau
seorang penghulu telah sempurna menurut adat (telah "berhelat"),
kalau dia meninggal maka gelar pusakanya dipakaikan kepada legarannya. Yang
dikatakan pusako basalain yaitu kalau seorang penghulu meninggal maka harta
pusaka peninggalannya jatuh kepada warisnya menurut adat. Acara perhelatannya
menurut adat cukup sesuai rukun dan syaratnya seperti perhelatan menyempurnakan
penghulu.
Gadang Samparono, Tungkek Badiri
Yaitu bilamana seorang penghulu pucuak
telah sempurna menurut adat (telah "berhelat"), maka didirikan
tungkek sebagai pengganti. Kalau penghulu yang bersangkutan meninggal maka
tungkek tersebut dipakaikan kepada legarannya. Acara perhelatannya sama seperti
perhelatan gadang balega pusako basalin.
Lamah Bapandano, Condong Bapanungkek
Yaitu bilamana seorang penghulu, oleh
karena sesuatu hal, tidak dapat menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai
penghulu, maka penghulu yang bersangkutan boleh mewakilkannya kepada kemenakan
atau cucunya, akan tetapi wewenang dan tanggung jawab adat tetap dipegang oleh
penghulu yang bersangkutan. Acaranya boleh dengan perhelatan besar atau kecil
asal balapiak basah badaun cabiak.
Mambangkik Batang Tarandam
Yaitu memakaikan gelar pusaka yang sudah
lama tidak dipakai. Perhelatannya boleh besar atau kecil atau cukup dengan
bertahlil saja.
http://www.angelfire.com/id2/adyan/minang/Tambo_Rang_Kurai.html
__________________________
Catatan Kaki oleh Penyalin:
[1] Aso, Esa, Satu