Pict: evi indarwanto |
Bismillahirrahmanirrahim. Dengan nama Allah jua tuhan yang amat murah di dalam dunia ini ia jua tuhan yang amat mengasihani akan hambanya yang mukmin di dalam negeri akhirat.
Alhamdulillahirrabil'alamin. Segala puji pujian bagi Allah tuhan seru sekelian alam. Wa Al A’aqabata Lalamataqayana.[1] Dan kebajikan akhirat itu bagi segala mereka itu yang takut akan Allah Taa’ala. Wasshalatu wassala 'ala Saydina Muhammad wa'ala 'alihi washabihi ajma'in. Dan rahmat Allah dan salamnya atas penghulu kita Muhamad dan atas segala keluarganya dan sahabatnya sekelian.
Wa Baa’ada. Adapun kemudian daripada itu maka adalah tatkala hijrah nabi Shalallahu 'alaihi wassalam, seribu seratus delapan puluh (1180) tahun kepada tahun Zai,[2] pada delapan (8) hari bulan Shawal, pada hari Isnin waktu subuh, dewasa itu pada menyatakan Duli Yang Di pertuan Pagar Ruyung mengurniai Undang Undang Negeri kepada penghulu-penghulu yang Balima di dalam lima (5) laras di atasnya orang kaya Paduka Raja kerana asalnya Undang ini daripada Tuan kita yang di Pagar Ruyung turun temurun sampai kepada anak cucu cicitnya.
Asal mula pertama yang di kurnia Allah tuhan kita kepada penghulu yang Balima dalam Batang Kuantan.[3] Pertama Maharaja Indera namanya, kedua tuan Jayab, ketiga Maharaja Bungsu namanya, keempat Datuk Muda Basi namanya, kelima Datuk Insan namanya.[4] Kerana ialah penghulu yang Balima dalam Batang Kuantan yang menaruh Undang Undang ini yang muktabar dilazimkan terpakai di dalam alam Minangkabau supaya terpelihara sekelian hamba rakyat dalam negeri daripada huru hara fitnah dunia berserta dengan hukum syarak Allaha Taa’alaya.
Amar Maa’ruf Wa Nahi Munkar yakni disuruhkan Allah berbuat kebajikan dan ditegahkan daripada berbuat kejahatan, seperti sabda nabi Shallallahu 'Alaihi Wassalam, Kala Kama Shara’ Masawala A'na Ra’yata yakni tiap-tiap kamu lagi akan di tanyai Allah Subhanahu Wata'ala daripada kebebalan kamu pada hari kiamat jemah.
Adapun raja itu ditanyai adakah diperintahkannya kepada segala hamba rakyatnya dengan yang sebenarnya kepada segala sekalian rakyatnya, dan penghulu adakah diperintahkannya dengan yang benar kepada anak buahnya itu. Kiaskan olehmu hai segala yang budiman kepada segala yang empunyai kebalaan tatkala ditanyai tiada ada kebalakan dan jika tiada dihukumkannya dengan yang benar, maka diazabkan Allah Taa’ala atasnya dengan yang tiada dapat seseorang juapun menanggungkan dia.
Tanabaha [mungkin; tambahan] ingat-ingat kamu, hai segala yang empunyai gembala, digembalakan olehmu baik-baik supaya lepas kamu daripada azab Allah Taa’ala. Demikianlah titah duli Tuan kita yang di Pagar Ruyung. Seperti sabda nabi Shallallahu 'Alaihi Wassalam Mana Ataya Hada Mana Ghayara Hada Fa Hawa Mana Al Maa’tadaya yakni barang siapa yang mendatangkan hadis yang bukan hadis daripada Allah Taa’ala dan rasulnya maka iaitulah daripada orang yang taksir, maka beratlah atas batang lehernya dosa.
Dan lagi sabda nabi Shallallahu 'Alaihi Wassalam; Kana Nafasaka Khayara Yaa Abana Adama, yakni dijadikan dirimu sebaik-baik mu hai anak Adam, dan jangan kamu turut hawa nafsu kamu yang najis itu seperti syaitan Naa’wadza Ba Al Laha Manahaa itu. Seperti firman Allah Taa’ala; Fa Ahakama Ba Maa Anazala Al Laha Wa Laa Tatabaa’ Ahawaa Hama yakni, maka hukumkan oleh kamu barang yang hukum yang di turunkan Allah Taa’ala dan jangan kamu mengikut hawa mereka itu.
Dan lagi seperti firman Allah Taa’ala, Wa Laa Talaqawaa Ba Ayadaya Kama Alaya Al Tahalakata yakni, jangan kamu mengugurkan diri kamu kepada kebinasaan akan diri kamu, dan akan anak buah kamu. Dan lagi firman Allah Taa’ala; Wa Maa Atakama Al Rasawala Fa Khadzawaha Wa Maa Nahaa Kama A’naha Fa Anatahawaa yakni, barang yang didatangkannya oleh rasul Allah kepada kamu, maka ambil oleh kamu akan dia, dan barang yang ditegahkan akan kamu daripadanya, maka tinggalkan akan dia, maka kiaskan olehmu segala yang budiman Wa Al Laha Aa’lamawa.
Fasal yang pertama maka ketahui olehmu hai segala yang memerintah hukum dan adat segala hamba Allah. Ingat-ingat kamu, kerana segala yang memerintah hukum adat itu, maka iaitulah bahaya yang amat besar pada hukum dan adat ini, dan apabila belum sampai lagi tahqiq[5] sesuatu hukum daripada hadis dan dalil daripada kitab Allah segala ulama. Dan adat yang sudah dibanding, disyaraki, ditentangkan seranak hilir seranak ke hulu, disertakan dengan yang dipegang dipakaikan, yang diturun dinaikkan daripada zaman yang tua-tua dahulu, yang berbetulan dengan syarak dan jemaaah ahli al sunat wa al jemaat iaitu fasik namanya.
Sekira-kira raja itu jangan sia-sia dan penghulu itu jangan mezalim atas segala hamba Allah lagi rakyatnya, jangan kesakitan dan teraniaya seperti sabda nabi Shallallahu 'Alaihi Wassalam; Ajarawa Kama A’laya Al Fatawa Ajarahu Kama A’laya Al Naara yakni, yang terlebih berani kamu atas memberi fatwa hukum dan adat iaitu, yang terlebih berani kamu atas masuk neraka Naa’wadza Ba Al Laha. Syahdan maka inilah nasihat fakir pada saudara kami yang memberi fatwa, nescaya disejahterakan Allah Taa’ala akan tuan-tuan sekelian Wallahi Bishawab.
Fasal yang kedua, adapun kemudian daripada itu, maka inilah Undang-Undang yang turun dari Alam Minangkabau iaitu Alam Pagar Ruyung, yang diturunkan oleh Datuk Pepatih Sebatang.[6] Itulah orang yang sakti ialah menuliskan undang-undang adat segala negeri supaya jangan bersaling berselisih segala umat Muhamad nabi kita rasul Allah itu supaya muafakat jalan hukum dan adat di dalam negeri.[7]
Syahdan adalah tiap-tiap negeri itu berdiri hukum dengan adat dan kanun[8] dan resam seperti kata rahmat Allah; A’layaha Kala Al Balaa Qayaamahu Ba A’datayahu Wa Aqawata Al A’adata Ba Mawafaqata Al A’lamaa Wa Qawaata Al A’lamaa Ba Mawafaqata Kataaba Al Laha Taa’alaya Wa Qawaata Kataaba Al Laha Taa’alaya Ba Qayaama Al Wazayara Haqua.
Bermula tiap-tiap negeri itu adalah berdiri dengan adatnya, dan kuat adat itu dengan sebab muafakat segala ulama, dan kuat ulama itu dengan sebab berdiri segala raja-raja, dan orang besar-besar dan kuat. Raja-raja dan orang besar-besar itu dengan sebab mufakat, segala isi negerinya dan ulama dan kitab Allah, dan kuat kitab Allah dengan berdiri wazir[9] sebenarnya dan muafakat hadis dan dalil dan ijmak ulama dan segala ahli ahlul sunnah wal jama'ah di dalam negeri mendirikan hukum dan adat.[10]
Seperti sabda nabi Shalallahu 'Alaihi Wassalam, Wa Mana Yahakama Hakama Al A’adaata Ba Laa Maqabalata Al Sharua’ Fa Hawa Ahakama Al Thuaghawata yakni, barang siapa hakim menghukumkan akan hukum adat yang tiada berbetulan dengan hukum syarak, maka iaitu adalah hukum mereka itu segala Adhama Wa Hakama Al Thaghuwata Faya Naara Jahanama Khualadayana Fayahaa bermula hukum berhala itu tetaplah ia isi neraka jahanam selama lamanya dalamnya.
Dan sabda nabi Shalallahu 'Alaihi Wassalam, Wa Mana Laa Yaa’lama Hakama Al A’adata Ba Laa Muqabalata Al Shura’ Fa Laa Yashaha Jaa’la Al Hakayama Faya Al Balaada yakni, barang siapa tiada tahu menghukumkan hukum adat yang tiada berbetulan dengan hukum syarak, maka tiada sah dijadikan hakim di dalam negeri itu. Jika di hukumkannya segala hamba Allah maka mereka itu fasik hukumnya dan hukum orang yang fasik itu batal hukumnya, ertinya tertolak kepada hari kiamat.
Sabda nabi Shalallahu 'Alaihi Wassalam, Wa Al A’adata Al Qawaya Kamaa Al Sharua’ ertinya adat yang Qawa yaitu seperti syarak pada pihak melazamat. Adapun erti Qawaya itu dikuatkan oleh raja dan hulubalang di dalam negeri, dan erti syarak itu hukum Allaha yang tetap pada segala ulama.
Sabda nabi Shalallahu 'Alaihi Wassalam, Laana Al Hakama Al A’adata Laa Yanafashala Ba Hakama Kataaba Al Laha Taa’alaya Laana Hakama Kataaba Al Laha Taa’alaya Laa Yanafashala Ba Hakama Al A’adaata yakni, kerana bahawasanya hukum adat adapun adat itu bertawaraha dan berbetulan hukum syarak itu berfasal berbab. Adapun erti Tawara yahaitu adat namanya erti tauladan itu tetap pada ulama, ertinya yang memegang kitab Allah dan yang bernama Tawarayaha itu adat yang di pakai segala raja-raja dan orang besar-besar di dalam negeri menghukumkan dengan adat.
Fasal yang ketiga adapun hukum syarak itu berfasal berbab. Adapun iaitu mengandung, dan fasal itu mengandung parang di perangi, itu mengandung khilaf dan khilaf, itu mengandung Nashayakha dan Manawakha, maka hendaklah di pulangkan kepada segala ulama di dalam negeri itu kerana segala ulama itu menerangi di dalam negeri itu.
Adapun fasal yang keempat adapun yang beradat itu yang dipegang dipakaikan daripada zaman tua-tua yang dahulu, diturun naikkan, yang bercupak bergantung [mungkin maksudnya 'gantang'], berjunjung naik bertunggal turun [mungkin maksudnya; berjenjang naik, bertangga turun], berbetulan dengan syarak, dan jemaah itu pusaka namanya, takluk adat kepada raja, takluk syarak kepada ulama.
Telah berkata nabi Shalallahu 'Alaihi Wassalam, Shafaata A’laya Amataya Mana Ashalaha Shalahaa Wa Mana Fasaada Fasaada Sabayala Wazayara Al A’lamaa ertinya telah berkata nabi Shalallahu 'Alaihi Wassalam, adalah dua kaum atas umatku jikalau diperbaiki pekerjaan maka baiklah, dan jikalau dibinasakannya pekerjaannya itu binasalah, jikalau baik sekali pun bermula raja dan ulama itu tiada boleh bercerai.
Itulah sebabnya sabda nabi Shalallahu 'Alaihi Wassalam, Halakata Al Salathana Ba Taraka Al A’lamaa Ba Taraka Kataaba Al Laha Wa Halakata Al Qawama Ba Taraka Al Mawafaqata. Berkata nabi itu, binasalah segala raja-raja itu kerana meninggalkan ulama, binasalah ulama itu meninggalkan kitab Allah, dan binasalah segala kaum sebab meninggalkan muafakat dengan samanya kaum dengan benar dan yang adil.
Seperti firman Allah Taa’ala, Fa Adza Hakama Tama Bayana Al Naasa Ana Yahakama Ba Al A’dala ertinya apabila menghukumkan engkau antara manusia maka hukumkan olehmu hukum yang adil. Seperti sabda nabi Shalallahu 'Alaihi Wassalam, Al A’adala Maa Tasatawaya Bayana Al Khoshamata yakni yang adil itu menyamakan antara dua orang berkhashumat seperti firman Allah Taa’ala Fa Ana Tanaazaa’ Tama Faya Shayaa Faradawaha Alaya Al Laha Wa Rasawalaha ertinya jika berbantah-bantah dua orang manusia akan seorang maka kembali kepada Allah dan kata rasul Allah.
Adapun makna adil itu iaitu menjauh segala dosa yang besar, dan ketiadaan meninggal atas dosa yang kecil. Maka makna dosa itu tiap-tiap perbuatan dan perkataan dan kelakuan yang memberi mudharat atas dirinya dari dunia sampai ke akhirat iaitu dosa namanya.
Syahdan adapun raja itu ialah yang bernama payung-patung, panji-panji tempat bernaung segala sakai rakyatnya. Adapun yang raja itu berdaulat dan penghulu itu berandik [mungkin maksudnya; berandiko] pusaka. Titah raja itu dijunjung oleh andik [andiko] ertinya orang besar-besar di dalam negeri yang memegang adat itu. Adapun pusaka andik [andiko] itu menjunjung sembah maklum kepada raja yang berlaku kata adat dan hukum.[11]
Adapun fasal kelima martabat manusia itu empat (4) martabat. Pertama-tama orang, kedua angkal-angkal orang, ketiga bernama orang, keempat sebenar-benar orang. Adapun yang orang itu tiada ia mengira-ngirakan perkataannya yang baik dan jahat, sekira-kira kerjanya katanya. Adapun angkal-angkal orang itu menilik ia akan perkataan yang baik pada zahirnya, dan tiada ia ingatkan kepada jahat akhirnya betul katanya daripada pekerjaannya. Adapun yang bernama orang itu hatinya kepada lidahnya maka ia berkata kemudian ia berfikir.
Adapun yang sebenar-benar orang itu, lidahnya kepada hatinya, dan hatinya tetap kepada lidahnya, sudah sempurna ia berfikir maka ia berkata, awal kata di pegangnya, akhir kata pun di pegangnya. Inilah martabat manusia berbagai-bagailah tabiatnya, segala hamba Allah kerana manusia itu bersifat lupa dan khilaf dan bebal, maka datanglah bersaling berselisih di dalam negeri, maka dikarangkan undang-undang ini supaya berbetulan segala hamba Allah Subhanahu Wata'ala.
Adapun martabat kata itu empat (4) martabat. Pertama kata, kedua kata-kata, ketiga bernama kata, keempat sebenar-benar kata. Mana Laa Yanafaa’ Faya Nafasaha Wa Laa Yadhara Faya Ghayaraha adapun kata itu sampai yang tiada mengambil manafaaat pada dirinya dan tiada ia memberi mudharat pada lainnya.
Adapun kata-kata itu Mana Laa Yanafaa’ Faya Ghayaraha Wa Yadhara Faya Nafasaha adapun kata-kata itu memberi manafaat kepada dirinya dan tiada memberi manfaat kepada lainnya. Adapun yang bernama kata itu Laa Yanafaa’ Faya Ghayaraha. Adapun yang bernama kata itu memberi manafaaat pada dirinya tiada memberi mudharat pada lainnya.
Adapun kata yang sebenar-benar itu Yanafaa’ Faya Nafasaha Yanafaa’ Faya Ghayaraha adapun sebenar-benar kata itu memberi manafaat pada dirinya dan memberi manafaat pada lainnya serta tiada ia benci memberi nasihat kepada segala kaum keluarganya itu.
Tanabaha ingat-ingat kamu hai segala yang budiman, apabila engkau berkata fikirkan dahuku baik-baiknya dan jahatnya. Jikalau belum zahir muslihat kata itu, maka jangan engkau berkata dahulu baik engkau diam seperti kata Imam Shafi'i Rodhoya Allaha A’naha Adza Aroda Al Kalaama Fa A’layaha Ana Tatafakara Qabala Kalaamaha Fa Adza Azhaharata Al Mashalahata Takalaama Hataya Yanazhaharawana yakni apabila engkau hendak berkata, fikirkan kata-kata engkau katakan itu dahulu daripada engkau berkata-kata.
Apabila zahirlah kebajikan kata itu berkatalah engkau apabila syak engkau kata-kata itu belum lagi zahir baiknya dan jahatnya, maka janganlah engkau berkata sehingga zahirlah kebajikan katamu itu maka engkau berkata inilah sebenar-benar kata. Maka sebab itulah martabat manusia di dalam dunia ini ada yang lebih ada yang kurang pangkatnya dan ada lebih martabatnya.
---------------------------------------
Undang-undang Minangkabau di Royal Asiatic Society of Great Britain & Ireland.
Transliterasi Jawi ke Rumi oleh Mahamada Al Mahadaya
=======================
Catatan Admin:
1. Beberapa tulisan latin berbahasa Arab diragukan transkripsinya, memerlukan ketelitian dan penyidikan lebih lanjut. Diperlukan untuk melihat naskah asli bertuliskan Arab Melayu guna memeriksan keakuratan transkripsinya. Beberapa kata seperta "Allaha" telah kami ubah ke 'Allah', Mahamada telah kami ubah ke 'Muhammad'. Namun beberapa kata dalam Bahasa Arab lainnya kami mengalami kesulitan, hanya sahaja kami mengubah huruf 'O' menjadi 'A' seperti 'Qobala" menjadi "Qabala' yang kami sendiri tidak mengetahui artinya. Penggunakan logat 'O' dalam membaca tulisan Arab lazim pada masa sekarang yang berasal dari pelafadzan lidah Jawa yang ditiru-tiru oleh orang Melayu berkat keberadaan media televisi dan media sosial seperti Allah menjadi Alloh. Orang-orang tua di Negeri Melayu tiada pernah melakukan hal demikian, melainkan lebih banyak menggunakan 'A' dan sama sekali tidak pernah menggunakan 'O' termasuk di Minangkabau dimana logat Bahasa Melayu mereka lebih banyak 'O'.
2. Kata dalam tanda [] ditambahkan admin
====================
Catatan Kaki oleh Admin;
[1] Silahkan baca Catatan Admin di atas
[2] Tahun 'Zai', kami baru mendapati perihal penanggalan ini, apakah salah tulis oleh translator, atau memang demikian adanya?
[3] Batang Kuantan merupakan sebuah sungai yang berada di Provinsi Riau Daratan sekarang yang berhulu di wilayah Sumatera Barat sekarang. Pada masa dahulu, sebelum pembagian wilayah administratif seperti sekarang, wilayah-wilayah di Pulau Sumatera dalam hal ini Sumatera Barat dan Riau sangatlah rapat karena mereka sama-sama menganut adat matrilineal. Namun masa sekarang terasa renggang karena masing-masing membentuk identitas baru dan saling mempertanyakan identitas baru yang mereka bentuk.
[4] Luak Bapangulu, Rantau Barajo; Luhak Berpenghulu, Rantau Beraja, maksudnya di dalam Luhak (Tanah Data, Agam, Limo Puluah Koto), tiap-tiap nagari dipimpin oleh para penghulu yang menjadi pemimpin tertinggi dalam federasi Minangkabau. Sedangkan di wilayah rantau, rajalah yang menjadi pemimpin dalam nagari. Dimana posisi raja sama dengan penghulu di Luhak, hanya nama dan cara penghormatan sahaja yang berbeda. Para raja di daerah rantau tidak berkuasa langsung karena dibawah raja masih ada para penghulu yang memerintah anak-kamanakannya. Bentuk pemerintahan di negeri-negeri Melayu ialah Federasi, di wilayah yang disebut Minangkabau sekarang, bentuk federasinya jauh lebih longgar apabila dibandingkan dengan bentuk negara federasi seperti yang diperkenalkan oleh Barat. Orang Besar, merujuk pada para pembesar yang memiliki posisi penting dan peranan yang kuat dalam suatu nagari. Dapat merujuk kepada raja sendiri, para penghulu yang memiliki wewenang lebih dan khusus serta membawahi beberapa penghulu lain.
[5] Tahqiq berarti memeriksa dengan mendalam. Biasanya ini mengacu kepada sebuah naskah yang akan dicetak. Orang yang melakukan tahqiq atau muhaqqiq akan mengajukan sebuah naskah untuk dicetak, lalu memeriksa cetakan tersebut dan meneliti harakat dari naskah tersebut. Bila terdapat kata-kata yang perlu dijelaskan, ia perlu menjelaskannya dan jika ada kata-kata yang salah tulis oleh pemindahan (transkripsi, translesi) tulisan asli alias nasikh, maka ia harus membetulkannya, lalu menyiratkan untuk dilakukan dalam tahqiq. Jadi tahqiq dalam dunia penerbitan buku ialah upaya menyuguhkan suatu kitab dalam kondisi benar sebagaimana diletakkan oleh penyusunnya, baik itu dari sisi kadar maupun keadaan. Selengkapnya silahkan klik DISINI
[6] Datuak Parpatiah Nan Sabatang merupakan pendiri Kelarasan Bodi Chaniago, merupakan adik dari Datuak Katumangguangan pendiri Kelarasan Koto Piliang, dan abang dari Datuak Sikalap Dunia pendiri Kelarasan Nan Panjang. Menurut laman Islampos.com yang dikutip dari akun @kuansingbacarito; pada zaman dahulu, di sungai ini banyak akar dan dahan kayu yang menjulur hingga ke tengah sungai. Kemudian Datuk Parpatih nan Sabatang (menurut riwayat merupakan pembesar Kerajaan Kandis) harus menguakkan dahan dan akar tersebut agar rakitnya bisa hilir dengan baik. Terkait hal ini, pada dewasa ini memang terjadi saling klaim antara orang Melayu yang berada di Sumatera Barat sekarang (populer dengan sebutan Orang Minangkabau) dengan orang Melayu di wilayah Propinsi Riau Daratan sekarang perihal asal usul dan asal mula adat yang mereka pakai sekarang. Orang sebelah Riau berkata bahwa merekalah yang asli dan wilayah mudiak (Sumbar) merupakan penyebaran. Namun satu hal yang pasti, menurut Tambo Minangkabau, Dt. Parpatiah nan Sabatang membangun falsafah dan pemikirannya di wilayah Minangkabau sekarang dan makamnya terdapat di Nagari Salayo di daerah Kubuang Tigo Baleh (sebagian besar berada di wilayah admninistratif Kab. Solok sekarang)
[7] Di Alam Melayu dikenal dengan Hukum Parpatiah dan Hukum Temenggung yang mengacu kepada kedua orang datuk bersaudara di atas (catatan kaki no.6). Hukum Parpatiah dipakai di Negeri Sembilan dan beberapa wilayah Melayu lainnya. Sedangkan Hukum Temenggung dipakai oleh kebanyakan puak Melayu. Hukum Perpatiah dikenal lebih demokratis menurut bahasa sekarang, dengan pendirian mambasuik dari bumi. Maknanya mengedepankan pendapat dan kepentingan orang banyak. Sedang Hukum Temenggung lebih dikenal dengan pendirian manitiak dari ateh atau segalanya berdasarkan koordinasi dan perintah dari pimpinan tertinggi.
[8] Dari Bahasa Arab; Qanun, yang merujuk pada produk hukum yang dibuat oleh penguasa (ulil amri) yang mengacu kepada hukum asal yakni Hukum Syari'at (Alqur'an & Hadist). Kita analogikan kalau UUD 45 dan Pancasila merupakan Hukum Asal sedangkan produk hukum seperti Undang Undang, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden, Keputusan Menteri, dan demikian seterusnya hingga ke tingkat paling bawah di Kab/ Kota (Peraturan Daerah, Peraturan Bupati/Walikota, dan seterusnya) merupakan Qanun.
Dalam Adat orang Melayu di Minangkabau, Qanun itu berupa Adat Nan Diadatkan, yang merupakan hukum yang digariskan oleh Datuak Katumangguangan, Dt. Parpatiah Nan Sabatang, dan Dt. Sikalap Dunia. Kemudian pada urutan yang ketiga ialah Adat Nan Teradat merupakan adat yang dirumuskan dalam nagari, di luhak oleh para penghulu sedangkan dirantau oleh raja dan orang besarnya. Keempat ialah adat istiadat yang merupakan adat dari luar yang diambil menjadi adat dalam negeri yang mana adat itu tidak bertentangan dengan Kitabullah. Adapun yang menjadi Adat nan Pertama dimana berbuhul mati dengan adat, tidak berubah hingga akhir zaman kelak dan apabila ada yang berani mengubahnya maka jatuhlah hukum kafir bagi ia. Adat itu ialah; Adat Basandi Syara - Syara Basandi Kitabullah. Singkat kata; Hukum Syari'at
Terkait Qanun, berikut kami kutip dari laman business-law.binus.ac.id :
Dalam buku yang ditulis oleh Ahmad Sukardja dan Mujar Ibnu Syarif (2012: 43-51) disebutkan tentang perbedaan interpretasi para ahli tafsir terkait kata “ulil amri” ini. Pandangan pertama mengatakan “ulil amri” adalah para umara, hakim, ulama, pengalima perang, dan semua pimpinan yang menjadi rujukan umat dalam masalah yang bertalian dengan kebutuhan dan kemaslahatan umum”. Ada lagi yang memberi skala lebih luas, bahwa “ulil amri” mencakup semua orang yang berpengaruh di masyarakat, sehingga termasuk pemimpin partai, redaktur surat kabar Islami, pelopor kemerdekaan, dan lain-lain. Ada yang berpendapat, “ulil amri” adalah para hakim dan setiap penguasa yang tunduk pada syariat Islam. Yang paling spesifik adalah pandangan kaum Syiah, yang menyatakan bahwa “ulil amri” adalah para imam yang ma’hsum (infallible).
Atas dasar pandangan-pandangan di atas, lalu muncul konklusi bahwa “ulil amri” terdiri dari dua kelompok, yaitu ulama dan umara. Para ulama menghasilkan produk fikih sebagai buah dari kegiatan ijtihad mereka. Sementara itu umara menghasilkan qanun, yaitu norma hukum Islam.
Konon kata “qanun” ( قانون ) dalam bahasa Arab memiliki kesamaan dengan kata “kanon” ( κανών) dalam bahasa Yunani atau “kaneh” ( קנה ) dalam bahasa Ibrani. Semua kata-kata itu memang bermakna serupa, yaitu norma hukum, legislasi, atau undang-undang. Tingkatan qanun yang paling tinggi di suatu negara biasanya disebut “al-qanun al-asasi” atau qanun yang paling asasi, dalam hal ini undang-undang dasar atau konstitusi.
Jika ditilik ke literatur, kata “qanun” sendiri sebenarnya tidak selalu dipakai dalam konteks norma-norma buatan penguasa negara atau peraturan perundang-undangan. Karya Ibnu Sina dalam ilmu kedokteran, misalnya, kerap juga disebut “al-qanun fi al-tibb” (the canon of medicine). Hal ini dapat dipahami karena kata “hukum” memang tidak selalu harus berarti norma dan bersifat normologis, melainkan juga nomos yang bersifat nomologis, yakni berupa dalil-dalil alamiah (law of nature atau sunatullah). Ilmu hukum adalah contoh ilmu normologis, sementara ilmu kedokteran adalah ilmu nomologis.
[9] Wazir berarti menteri, dalam adat orang Melayu dikenal dengan jabatan Manti, kemudian Malin, dan terakhir Dubalang (hulubalang).
[10] Musyawarah dan mufakat merupakan salah satu elemen dasar dalam adat orang Melayu di Minangkabau, diumpamakan dengan pepatah; kamanakan barajo ka mamak, mamak barajo ka pangulu, pangulu barajo ka mupakat, mupakat barajo ka nan bana, nan bana badiri sandiri no [Kemenakan baraja ke mamak, mamak beraja ke penghulu, penghulu beraja ke mufakat, mufakat beraja ke Yang Benar, Yang Benar berdiri sendirinya] Nan Bana [Yang Benar] itu ialah Kitabullah. Tidak ada kepemimpinan tunggal di Minangkabau, segala kekuasaan dipecah-pecah kepada orang besar dalam nagari, sehingga tidak ada pemimpin yang otoriter.
[11] Andiko yang banyak disematkan kepada; Pangulu Andiko. Merupakan ciri Kelarasan Bodi Chaniago