Disalin dari kiriman FB Irwan Effendi
HINGGOK MANCAKAM, TABANG BASITUMPU
Menurut adat Minangkabau yang menganut sistem matrilinial, anak-anak yang lahir dari perkawinan antara pria Minangkabau dengan wanita non-Minangkabau tidak dapat dimasukan ke dalam sistem kekerabatan Minangkabau. Anak-anak ini dalam kaca mata adat Minangkabau berstatus “anak tidak bersuku” bahkan di lingkungan kaum ibunya mereka juga tidak diterima dalam sistem patrilinial, sehingga jadilah status mereka ‘takatung di awang-awang’.
Pambilangan Adaik Minangkabau nan mambukak paluang untuak Seseorang untuak ikuik ba status sabagai Masyarakat Adaik Minangkabau dalam sabuah nagari, nan barasal dari sabuah nagari lain maupun dilua Minangkabau.
Hal itu disebabkan memang begitulah sistem budaya matrilineal. Kalau diperhatikan dan amati banyak dari anak-anak yang berdarah Minangkabau ini, seperti ibunya dari suku Betawi dan suku Sunda, bangga berdarah orang Minangkabau dan mengatakan diri mereka sebagai orang Minangkabau. Ini berarti, sesungguhnya mereka mendambakan dapat diterima dalam persukuan Minangkabau.
Di samping itu, banyak perempuan non-Minangkabau yang mempunyai ikatan kekerabatan dengan orang Minangkabau (bersuamikan pria Minangkabau), menetap di ranah Minangkabau, berbahasa, beradat-istiadat bahkan beranak-pinak di Minangkabau, secara sistem budaya mereka tetap tidak dapat disebut sebagai orang minangkabau. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan sistem persukuan di Minangkabau berdasarkan garis keturunan ibu, maka dari itu setiap anak yang dilahirkan oleh perempuan Minangkabau pasti sukunya sama dengan ibunya.
Di sinilah yang menjadi persoalan, bagaimanakah dengan anak-anak yang ibunya bukan orang Minangkabau? apakah mereka tetap tidak memiliki suku? Namun adat budaya Minangkabau tidaklah sekaku itu, juga bukan merupakan budaya yang tertutup atau menutup diri. Sebenarnya, anak yang dikatakan tidak bersuku tersebut dapat dicarikan sukunya dengan menjalani persyaratan adat yang disebut dengan MALAKOK. Ini yang disebut dengan hinggok mancakam tabang basitumpu, dima rantiang dipatah di sinan aia di sauak, di ma bumi dipijak di sinan langik dijunjuang, cupak diisi limbago dituang, adat yang datang dan adat yang menanti.
Mereka diterima dan ditampung dalam struktur persukuan Minangkabau (menjadi kemenakan di Minangkabau) Dengan pengertian kalau seseorang ingin menjadi orang Minangkabau haruslah terlebih dahulu memenuhi aturan-aturan dan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam adat.
Syarat merupakan suatu tuntutan atau permintaan yang harus dipenuhi. Dengan kata lain, apabila tuntutan telah dipenuhi maka permintaan pun telah dikabulkan. Begitu pula, dengan permintaan suku bagi anak tidak bersuku. Suku akan didapatkan apabila tuntutan adat telah dipenuhi sesuai dengan pepatah adat “cupak diisi limbago dituang” artinya ada aturan tersendiri untuk memenuhi suatu kewajiban pada keadaan yang berbeda-beda.
Proses Adat Malakok Adalah sebagai berikut :
1. Mangadokan Pendekatan Awal, dengan mangatokan Keinginan yang basangkutan ka salah surang Tunganai adat (staf) Panghulu di sabuah suku nan dituju.
2. Oleh Tungganai tersebut di sampaikan ka Tungganai tungganai pasukuannyo lalu di mufakatkan sasudah tu di ajukan ka Datuak/Panghulu Kaum nan basangkutan dan disetujui, sudah tu di adokan karajo adat Mangaku Mamak di Rumah Gadang/ Rumah Pusako Pasukuan Tersebut.
Setelah syarat-syarat di atas dipenuhi, acara selanjutnya ialah permintaan persetujuan dari pihak suku yang akan menerima. Persetujuan tersebut dimulai dari :
1. Pihak keluarga yang akan menerima,
2. Sanak saudara sekeliling,
3. Semua kaum/kerabat yang sapasukuan dengan suku yang akan menerima,
4. Jika tiga persetujuan di atas telah didapatkan, langkah selanjutnya ialah memberitahukan penghulu yang ada di setiap persukuan di daerah itu. Setalah persetujuan dan pemberitahuan kepada semua penghulu selesai.
Pelaksanaan Adat Mangaku Mamak
1. Dilaksanakan di Rumah Gadang/Rumah pasukuan Suku tersebut.
2. Panghulu akan manarima kamanakan
3. Di hadiri Tunganai dari suku yang basangkutan
4. Di hadiri Datuak datuak/Panghulu nan tagak sapamatang duduak sahamparan jo panghulu yang (Ninik mamak nan batungku)
5. Orang yang mangaku mamak mangadakan jamuan makan kapada hadirin tersebut
6. Manatiang jamba “Nasi Kunyik Ayam Singgang” dan mandabiah tarnak (mandarah). Ternak yang kana disembelih sarandahnyo Ayam dan satingginya Sapi, Gadang Api gadang kayunyo, Nak tuah batabua Urai, tampek nan dalam buliah baranang, tampek nan dangka buliah basijingkek
7. Kapada Niniak mamak yang hadir di beri “Uang Adat” yaitu sejumlah uang tidak ditentukan jumlahnya : Kok Pitih Babilang, Kok Ameh Batayia, Kok Kain Baeto dalam hal iko bukan Jumlah nan utamo tapi Ikhlas.
Setelah persyaratan di atas dipenuhi, langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah yang bersangktan akan dimbaukan di pasa nan rami dan dilabuah nan golong. Biasanya diimbaukan di masjid pada hari Jum’at.
Mereka nantinya akan disebut dengan kemenakan bertali emas atau kemanakan bertali budi. Apabila mereka berkembang, dan ingin mendirikan suku, maka mereka pun mengikuti tata cara dan persyaratan untuk pendirian suku. Suku mereka disebut suku belahan dari suku induk tempat mereka hinggok mancakam tabang basitumpu.
Kepado nan basangkutan di wajibkan manjalankan kewajiban, kewajiban sebagai anak kamanakan, yang basangkutan harus marasokan dan mangamalkan pandangan dan basikap hidup bahwa nan basangkutan itu betul melaksanakan Sahino Samalu, Salarang, Sapantangan jo Anggota Suku tampek inyo malakok.
Sebab – Sebab Malakok / Hinggok
1. Karena Si laki laki nan basangkutan ka kawin di sebuah SUKU dalam nagari basangkutan
2. Karena Keluarga (suami istri) nan basangkutan manatap di nagari yang basangkutan untuak mancari Makan/Rasaki
3. Karena Perempuan yang basangkutan indak urang basuku. Matrilinial dan menikah dengan laki laki di nagari yang basangkutan nan basuku Matrialinial.
4. Memperluas kekerabatan dan Membakukan Sistem Kekerabatan Minangkabau
5. Apabila seseorang itu urang Minangkabau maka dia mangaku mamak, kapada suku yang sama dengan suku yang di tinggakan di kampuang asalnya.
6. Apabila seseorang itu urang Luar Minangkabau, maka dia akan mangaku mamak kepada suku nan di Piliahnya sendiri dan indak Suku bakal Suami/Istri.
Paralunyo / Mamfaatnya Mangaku Mamak :
1. Semua pihak panduduk nagari tidak marasa bahwa si pandatang itu urang asing dan Sipandatang itu tidak marasa Asing di dalam nagari
2. Laki laki yang Mangaku Mamak, tidak akan banyak pangaruah terhadap suku Tapatan
3. Jika yang mangaku mamak tersebut seorang perempuan, mamang lambek laun akan ada pangaruah ka Suku tepatan karena Garih katurunan Urang Minang manuruik jalur garih Ibu (Matrialinial)
4. Warih di Minangkabau garih besarnyo adolah duo Jenis :
a. Warih Nasab( sacaro adat) ialah garih nan batali darah lansuang, mauruik garih Ibu..
b. Warih Sabab ialah warih nan di sababkan oleh sesuatu sarupo sabab budi, sabab ameh dan sabagainyo.
Senteng tolong dibilai, kurang tolong ditukuak
Mohon maaf jikok ado salah jo khilaf