Kenapa Tidak Ada Informasi Adat Ditulis dengan Tulisan Minangkabau?

Ilustrasi Gambar: niadilova

Yang Tersirat - Yang Tersuruk

FB Mak Mond Dt. Makhudun - "Kenapa pengetahuan Adat Minangkabau tidak banyak ditulis oleh ninik-ninik kita dahulu dibandingkan dengan adat budaya suku-suku lain Mak? Lama kelamaan, tentu nilai-nilai adat itu bisa kabur bagi generasi kemudian.."

"Disanalah letak kehebatan dan kesaktian Adat Minangkabau itu duhai Kamanakan.."

"Kenapa demikian Mamak?"

"Sebenarnya niniak-niniak kita dahulu sangat majo soal tulis baca. Buktinya kita punya aksara khusus, Aksara Minang namanya, yang banyak tidak diketahui oleh generasi sekarang. Bukti lain, ada curaian adat yang ditulis berupa Tambo Adat, ada jua Tambo Alam, bahkan setiap nagari memiliki Tambo yang bertuliskan Arab Melayu.

Lalu kenapa kurang tulisan-tulisan tentang pengetahuan adat Minang? Ada beberapa alasan penjawabnya, antara lain:

PERTAMA, untuk memahami rahasia yang terkandung di dalam Adat Minang, tidaklah cukup dengan membaca yang tertulis. Tulisan tidak memiliki kemampuan menjelaskan pengetahuan adat, karena adat b ukan masalah nan tampak sahaja, akan tetapi lebih banyak hal tersirat dan tersuruk yang harus difahami melalui raso jo pareso. Itulah sebabnya petuah mengatakan; rasa yang mesti dibawa naik dan periksa yang harus dihela turun.

KEDUA, ternyata saat Islam masuk, prinsip itu sesuai pula dengan sifat "Sami'ak wal Bashar". Allah Ta'ala dahulukan Sami'ak daripada Bashar sebab mendengar lebih utama dari pada melihat. Buktinya banyak hafidz Al Qur'an yang tuna netra. Tetapi belum terdengar ada hafidz yang tuna rungu. Di samping itu, pengetahuan adat yang diturunkan melalui dialog tersebut dipagar pula dengan prinsip 'Setitik berpantang lupa, sebaris berpantang hilang'

KETIGA, agar setiap ninik-mamak, para Bundo, Alim Ulama serta Cerdik Pandai selalu siap memberikan pengetahuan adat dan ilmu lainnya kepada anak kamanakan masing-masing secara langsung. Terutama yang terkait dengan rahasia dan hakikat adat. Baik di rumah gadang, surau, kebun, pematang sawah, atau dimanapun.

Sibiriak-biriak tabang ka sasak
Dari sasak ka halaman
dari niniak turun ka mamak
dari Mamak ka kamanakan

Curahan adat ini bukan sahaja soal biacara waris dan pusaka, tetapi juga tentang amanat bagi seluruh orang besar (niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, & bundo kanduang) untuk menurutnkan ilmu adat kepada anak kamanakan, bahkan ke orang banyak.

KEEMPAT, supaya beliau-beliau yang tokoh-tokoh (niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, & bundo kanduang) itu selalu menjaga silaturahmi, berdiskusi, bermusyawarah soal apapun demi kemaslahatan bersama di kampung dan nagari. Sesuai dengan perintah Al Qur'an; Watawa shaubil haq - Watawa shaubil shabri. Saling menasehati perkara kebenaran dan saling menasehati dengan kesabaran. Hal ini dipakaikan dalam petuah orang tua dahulu; duduk seorang bersempit-sempit, duduk bersama berlapang-lapang. Dialog dan diskusi ini penting menurut adat guna menemukan air yang jernih, sayak yang landai, datar bagaikan berlantai papan, licin bagaikan berlantai kulit.

Jadi hakikat dari rahasia Adat Minangkabau, tempat bukan di buku dan kitab, akan tetapi di dada, kepala, mulut, dan anggota badan setiap orang Minangkabau.

Dada untuk menyimpan rahasia adat sesuai petuah ilmu sama di dada. Kepala untuk menyimpan pengetahuan adat, sesuai konsep Afalaa t'akilun - Afalaa tatafakkarun. Mulut untuk menyampaikan kebenaran nilai-nilai adat, sesuai perintah; sampaikanlah walau hanya sepotong ayat, dan sampaikanlah yang benar itu walau pahit. Terakhir, anggota tubuh yang bertugas menjalankan perintah dan dasehat adat tadi.

Sekali lagi duhai kamanakan, hakikat dan rahasia Adat Minangkabau tidak akan didapat dengan membaca buku. Akan tetapi diturunkan, disimpan, dijaga, dan dipraktekkan di tengah masyarakat sehingga nilai-nilai adat betul-betul internalized. Yaitu hidup dalam bathin dan dipraktekkan dalam keseharian anak Minangkabau."

"Oh.. itu rahasianya duhai Mamak?"

"Wallahu'alam. Demikianlah kira-kira duhai kamanakan. Hanya itu yang mamak ketahui. Senteng nan ka mambilai sarato kurang nan kamanukuak, sama-sama kira serahkan kepada ahlinya"

======================================
Kiriman asli berbahasa Minang:

NAN TASIREK - NAN TASURUAK
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
" Baa kok pangatahuan Adat Minang indak banyak ditulih dek niniak-niniak awak dulu dibandiang adat budaya suku-suku lain Mak ? Lamo kalamoan tantu nilai-nilai Adat tu bisa kabua bagi generasi kudian ".
" Disitulah latak kahebatan jo kasaktian Adat Minangkabau tu Kanakan ".
" Kok baitu Mak ?"
" Sabananyo niniak- niniak kito dahulu sangat maju soal tulih baco. Buktinyo awak punyo aksara khusus, aksara Minangkabau namonyo, nan banyak indak dikatahui generasi kini. Bukti lain, ado curaian adat nan batulih barupo Tambo Adat, ado Tambo Alam, bahkan satiok nagari mungkin punyo Tambo pulo nan batulisan Arab Malayu.
Lalu.....kanapo kurang tulisan-tulisan tantang pangatahuan adat Minang ? Ado babarapo alasan panjawabnyo, antaro lain :
PARTAMO, untuak mamahami rahasio nan takanduang di dalam Adat Minang indak cukuik dengan mambaco nan tatulih. Tulisan Indak punyo kamampuan manjalehkan pangatahuan Adat, karano Adat bukan masalah nan tampak sajo, tapi labiah banyak hal TASIREK dan TASURUAK nan harus dipahami malalui raso jo pareso. Itulah sababnyo pituah mangatokan raso nan musti dibao naiak dan pareso nan harus dielo turun.
KADUO, tanyato saat Islam masuak, prinsip itu sasuai pulo jo sipaik ' sami'ak wal bashar '. Allah dahulukan sami'ak daripado bashar sabab mandanga labiah utamo daripada maliek, Buktinyo banyak Hafizh nan tuna netra, tapi alun tadanga ado Hafizh nan rungu lai. Disampiang itu, pangatahuan adat nan diturunkan malalui dialog itu dipaga pulo dengan prinsip satitiak bapantang lupo, sabarih bapantang hilang.
NAN KATIGO, agar satiok Niniak Mamak, para Bundo, Alim Ulamo sarato Cadiak Pandai salalu siap mambarikan pangatahuan adat dan alemu lainnyo kapado anak kamanakan masiang- masiang sacaro lansuang, tarutamo nan takaik dengan rahasio dan hakikat Adat. Baiak di Rumah Gadang, di surau, di parak, di pimatang sawah atau dimano pun.
Sibiriak-biriak tabang ka sasak
Dari sasak ka halaman
Dari niniak turun ka mamak
Dari mamak ka kamanakan
Curahan Adat iko bukan sajo bicaro soal Warih dan Pusako, tapi juo tantang amanat bagi kasado urang gadang untuak manurunkan alemu Adat ka anak kamanakan, bahkan ka bakeh urang rami.
KAAMPEK, supayo baliau-baliau nan jadi tokoh-tokoh tu salalu manjago silaturrahmi, badiskusi, bamusyawarah soal apo pun demi kemaslahatan basamo di kampuang dan nagari sasuai parentah Al-Qur'an ' Watawa shaubil Haq - Watawa shaubil Shabri ', saliang manasehati soal kabanaran dan saliang manasehati dengan kasabaran. Hal Iko dipakaikan dalam pituah ' duduak surang basampik-sampik - duduak basamo balapang- lapang '. Dialog dan diskusi ko penting manuruik Adat guno manamukan ' aia nan janiah - sayak nan landai, data bak balantai papan - licin bak balantai kulik '.
Jadi...... hakikat dan rahasio Adat Minang tampeknyo bukan di buku atau di kitab, tapi di Dado, di Kapalo, di Muncuang dan di Anggoto Tubuah satiok urang Minang.
Dado untuak manyimpan rahasio Adat sasuai pituah alemu samo di dado. Kapalo buek manyimpan pangatahuan Adat, sasuai konsep afalaa t'akilun - afalaa tatafakkarun. Muncuang untuak manyampaikan kabanaran nilai-nilai Adat, sasuai parentah ' sampaikanlah walau hanya sepotong ayat, dan sampaikanlah yg benar itu walaupun pahit '. Tarakhir, anggoto tubuahlah nan batugeh manjalankan parentah dan nasehat adat tadi.
Sakali lai Nakan, hakikat jo rahasio Adat Minangkabau indak ka didapek dengan mambaco buku, tapi iyo diturunkan, iyo disimpan, dijago, dan iyo dipraktekan di tangah masyarakat sahinggo nilai-nilai Adat batua-batua internalized, yaitu hidup dalam bathin dan dipraktekan dalam kasaharian anak Minangkabau ".
" Oh.... itu rahasionyo yo Mak ".
" Wallahu a'lam. Baitulah kiro-kiro Nakan. Cuma hinggo itu nan Mamak katahui. Senteng nan ka mambilai sarato kurang nan kamanukuak samo-samo kito sarahkan kapado ahlinyo ".
*****
ls, 260522


Tidak ada komentar:

Posting Komentar